The Sims 3 Ambitions

 Review Game Realitas Virtual, Simulasi

The Sims 3 Ambitions

The Sims 3 Ambitions merupakan expansion pack dari The Sims 3. Dalam expansions pack ini diberikan beberapa tambahan yang sangat menarik untuk dimainkan dan memberikan pengalaman yang sangat berbeda yaitu penambahan karir, keinginan, dan tujuan hidup baru bagi para sims yang tentunya menyuguhkan warna baru dari game The Sims 3.

Kehidupan sims yang dimainkan dimulai setelah proses pembuatan sims seperti yang kalian inginkan, dimana pada saat itu juga kita bisa memilih bentuk dan rupa sims, karakter/sifat dan pekerjaan yang menjadi tujuan hidupnya seperti menjadi musisi atau koki bahkan menjadi ilmuwan gila sekalipun, memilih kota dan rumah dimana sims kita akan bernaung kemudian menggerakkan kehidupan mereka 24 jam seperti apa yang diinginkan yang tentu saja untuk dapat membuat sims tersebut dapat memenuhi setiap ambisinya dalam pekerjaan, pertemanan, cinta, keluarga, membayar tagihan dan lain sebagainya sebelum sims tutup usia.

Dalam expansion pack Ambitions ini game the sims 3 memberikan penambahan karir lebih banyak yang bisa dipilih, seperti memilih sebuah pekerjaan atau memilih sebuah profesi. Beberapa profesi baru yang bisa dipilih adalah seperti menjadi Detektif Swasta (Private Investigator), Stylist, Pemadam Kebakaran (Firefighter), Arsitek (Architectural Designer) dan Pemburu Hantu (Ghost Hunter). Setiap profesi tersebut akan menghadirkan sesuatu yang berbeda dan lebih aktraktif saat sims kita sedang menjalankannya seperti backsound, bertemu dengan karakter-karakter aneh dan pekerjaan yang menuntut kelihaian kita memilih sesuatu yang baru.

Nilai Edukasi :

Berikut ini nilai edukasi yang bisa didapatkan dalam game The Sims 3 Ambitions :

  • Belajar memuaskan sims lain dari profesi yang dipilih oleh sims anda. Misal profesi sims anda sebagi Arsitek, anda harus dapat menata rumah atau barang – barang sims lain sesuai dengan yang mereka inginkan.
  • Belajar bagaimana berinteraksi sosial, menata pola hidup, melatih bakat dan kemampuan.

Unsur Kenyataan (Realitas) :

Realitas Fakta

Sebagaimana dalam game simulasi yang mensimulasikan kehidupan nyata, berikut ini adalah realitas yang terdapat di dalam game ini :

  • Seperti manusia sims dapat melakukan aktivitas manusiawi : makan, tidur, bekerja, bersosialisasi, dll.
  • Terdapat tahapan umur : baby, toddler, child, teen, young adult, adult, elder.
  • Sims dapat memiliki sifat – sifat yang berbeda sesuai dengan keinginan kita saat membuat sims. Kita dapat memilih 5 dari kurang lebih 75 sifat yang tersedia, seperti : virtuoso, vegetarian, workaholic, party animal, insane, friendly, artistic, dll.

Realitas Sebab Akibat

Adapun realitas sebab akibat atau urutan yang disertakan di dalam game ini adalah sebagai berikut :

  • Sifat – sifat yang kita pilih saat membuat game akan mempengaruhi bagaimana sikap dari sims saat kita mainkan. Contoh jika kita memilih sifat virtuoso maka sims kita akan sangat tertarik dengan musik. Misal, sims akan terus ingin meningkatkan skill dalam bermain gitar atau piano.
  • Profesi atau karir akan meningkat apabila skill yang berkaitan dengan profesi atau karir yang kita pilih meningkat.
  • Jika sims tidak memenuhi keinginan pelanggannya makan pelanggan akan marah atau tip berkurang, begitu juga sebaliknya.

Realitas Kejadian Acak

Di dalam game ini ada kejadian – kejadian yang mungkin terjadi beserta faktor penyebabnya.

Berikut ini adalah kejadian tersebut dan faktor-faktornya sesuai dengan dunia nyata:

  • Tempat atau rumah pelanggan yang membutuhkan jasa dari profesi kita dapat berubah – ubah setiap harinya.
  • Keinginan setiap sims dapat berubah – ubah sesuai dengan sifat yang kita pilih untuk sims tersebut.

Realitas Fisika

  • Realitas fisika dalam game ditemukan pada setiap kecepatan dari tiap kendaraan.

Realitas Audio dan Visual

  • Suara dari alat – alat yang digunakan sesuai dengan kenyataan, misal barang – barang elektronik dan alat – alat musik.
  • Karakter dari setiap sims dapat kita tentukan sesuai dengan keinginan kita dimana sims pada The Sims 3 ini terlihat lebih detail daripada versi sebelumnya. Terutama pada skin tone, hair color, eyes color, body modifiers, voice, dll.
  • Bentuk dari semua benda dari game ini tampak seperti di kehidupan nyata.

Reviewer: Yovanita Sidabutar (5108100102)

Author: 

No Responses

Tinggalkan Balasan