Silent Hunter 4 : Wolves of the Pacific

 Review Game Edukasi, Simulasi

Nama game                    : Silent Hunter 4 : Wolves of the Pacific

Genre                                : Submarine Simulation

Dikembangkan oleh    : Ubisoft Romania

Dipublikasikan oleh    : Ubisoft

Seperti pendahulunya Silent Hunter 3, game ini merupakan game simulasi kapal selam yang sangat dinamis. Game simulasi  ini menggunakan grafis 3D yang  rinci dan akurat untuk membawa pemain di lingkungan kapal selam pada Perang Dunia II. Sistem fungsional kapal yang sangat real  akan membuat para  pemain menghadapi banyak aspek peperangan kapal selam. Game ini memungkinkan pemain untuk  bagaimana menjadi seorang kapten kapal selam secara realistis dan akan menantang pengalaman pemain dalam permainan ini. Game ini  dirancang untuk memungkinkan pemain baru untuk dengan mudah menguasai permainan dasar, sementara memungkinkan bagi pengguna berpengalaman untuk sistem kontrol secara manual seperti manajemen awak, torpedo alokasi, radar, sonar dan trigonometri target.

Jenis-Jenis Kapal Selam yang dapat dimainkan :

  • United States S class submarine
  • United States Porpoise class submarine
  • Salmon class submarine
  • Sargo class submarine
  • Tambor class submarine
  • Gato class submarine
  • Balao class submarine

Trailer Silent Hunter 4

Gameplay Silent Hunter 4

Nilai Edukasi

  • Mengenal dan mempelejari dunia kapal selam secara detail (mengatur awak, mengatur alokasi torpedo, radar, sonar, dan trigonometry target, dll).
  • Mengetahui dan menambah wawasan sejarah mengenai perang dunia kedua.
  • Menamah wawasan mengenai peta dunia karena pada game ini, digunakan peta secara akurat termasuk posisi garis lintang dan garis bujur suatu wilayah.
  • Menambah wawasan tentang peperangan dilautan (bagaimana menghindari konvoy kapal perang dalam jumlah besar, bagaimana untuk bersembunyi dan menunggu menyerang musuh pada waktu yang tepat, bagaimana menghindari pesawat temput pendeteksi kapal selam).
  • Mengetahui tanggungjawab seseorang yang berprofesi sebagai seorang kapten kapal selam.

Unsur Realitas

  • Simulasi pengendalikan sebuah kapal selam yang menyerupai di dunia nyata.
  • Terbatasnya jumlah torpedo yang disesuaikan dengan jumlah maksimum dari masing-masing jenis kapal selam.
  • Kapal selam yang terkena serangan musuh akan mengalami kerusakan, dan jika terlalu parah maka kapal selam akan tenggelam.
  • Para awak akan mengalami masa kehilangan kepercayaan diri atau kelelahan jika kapal selam dapat dideteksi musuh atau telah terlalu lama di lautan.
  • Memiliki AI musuh yang sangat baik karena dapat mengetahui keberadaan kapal selam jika kapal selam terlihat dipermukaan atau memiliki kebisingan mesin yang mampu dideteksi sonar kapal perang musuh.
  • Adanya faktor yang mempengaruhi seperti cuaca, dan waktu hari (siang atau malam).
  • Diperlukan perhitungan sudut yang tepat agar torpedo dapat mengenai musuh.
  • Kapal selam harus kembali ke pangkalan untuk dilakukan perbaikan, penambahan amunisi, peningkatan kebugaran awak, dll.

Realitas Sebab-Akibat

  • Apabila kapal selam bergerak dengan cepat, kapal musuh akan dengan mudah mendeteksi keberadaan kita.
  • Apabila menggunakan jenis kapal selam yang berbeda, jumlah persenjataan atau jenis persenjataan yang dapat digunakan juga disesuaikan.
  • Apabila terlalu lama didalam air (untuk menghindari musuh) jumlah oksigen dalam kapal selam akan menipis dan harus kembali ke permukaan untuk mengisi oksigen.
  • Apabila berhasil menyelesaikan sebuah misi, kita akan dapat mempromosikan jabatan beberapa awak kapal, menambah senjata baru pada kapal selam kita dan kemungkinan mendapat jenis kapal selam yang baru.

Realitas Fisika

  • Terdapat banyak sekali realitas fisika dalam simulasi ini, seperti kecepatan, akselerasi, reaksi kapal musuh apabila terkena diterjang torpedo, gun deck.
  • Pesawat tempur musuh akan melepaskan bom anti kapal selam pada sudut yang tepat
  • Dibutuhkan waktu yang disesuaikan dengan jarak kapal selam terhadap kapal perang musuh agar torpedo dpt mengenai kapal musuh.
  • Dibutuhkan sudut trigonometry yang sesuai agar torpedo mengenai kapal perang musuh.
  • Jika jumlah torpedo yang mengenai kapal perang musuh kurang, kapal musuh akan lebih lama untuk tenggelam (kapal musuh hanya akan miring dan dimasuki air laut)

Realitas Kejadian Acak

  • Cuaca yang kadang tidak menentu di suatu wilayah.
  • Pesawat tempur anti kapal selam yang tiba-tiba melintas di atas kapal selam.
  • Tinggi gelombang air laut yang berbeda-beda di tiap lautan.
  • Keadaan crew yang dapat menurun phisiknya jika terlalu lama di lautan.
  • Kapal perang musuh yang tidak menentu lokasinya dan hanya terlacak jika dapat dideteksi sonar di kapal selam.

Realitas Visual dan Audio

  • Penggambaran semua elemen objek dalam simulasi menggunakan 3D, dengan high-quality texture, dengan model yang disesuaikan semirip mungkin dengan versi nyata.
  • Pemodelan lingkungan yang disesuaikan dengan peta didunia nyata, termasuk garis lintang dan garis bujurnya
  • Lautan yang tampak nyata secara gelombang dan kedalamannya.
  • Penggambaran bentuk kapal selam yang dibuat secara mendetail.
  • Penggambaran kapal perang musuh yang sangat baik dan penggambaran kapal-kapal selain kapal perang juga sangat bagus.
  • Ketika kapal selam terkena tembakan, akan terjadi beberapa kebocoran di dalam kabin.
  • Penggambaran eksterior dan interior (radar, sonar) kapal selam yang sangat realistis.
  • Ketika kapal perang musuh yang terkena torpedo, efeknya terlihat sangat nyata.
  • Sound system yang sangat realistis seperti suara mesin kapal selam, suara ledakan, suara pesawat tempur musuh, suara bom laut dll.

Tampilan ketika akan menyerang kapal musuh.

Bersiap menyerang kapal musuh

Bersiap menyerang kapal musuh

Silent Hunter 4 : Wolfes of the Pacific

Kapal Musuh terkena torpedo

Kapal Musuh akan tenggelam

direview oleh :

Dedy Suryawan | Create Your Badge

Author: 

One Response

  1. reifalOktober 5, 2011 at 4:39 PMReply

    bagaimana cara memainkan game ini

Tinggalkan Balasan