Sid Meier’s Civilization IV – Saatnya Menjadi Pemimpin!!

 Simulasi, Uncategorized

Cover game Civilization 4

GAMEPLAY

Civilization 4 adalah sebuah game Turn-Based Strategy yang dirilis pada tahun 2005 dan dikembangkan oleh  Soren Johnson di bawah arahan Sid Meier dan studio Firaxis Games yang merupakan salah satu seri game Civilization. Sama seperti pendahulunya game ini merupakan sebuah simulasi dari seorang pemimpin suatu bangsa. Dimana player dituntut untuk membangun sebuah bangsa dari nol, dengan perbekalan yang seadanya. Pada awal game akan mulai pada tahun 4000 Sebelum Masehi dengan sebuah unit yang disebut Settler dimana unit ini akan membangun sebuah kota. Dari sini player akan mulai membangun bangsanya, tentunya bersaing dengan pemimpin-pemimpin bangsa yang lain. Secara default ada lima hal yang dapat menyatakan seorang player menang, dimana player hanya perlu memilih satu saja untuk menang, antara lain :

  • Dengan menaklukan bangsa lain menggunakan kekuatan militer.
  • Menjadi Supermajority dari populasi dan area yang dikuasai.
  • Menjadi bangsa pertama yang melakukan penjelajahan luar angkasa.
  • Meningkatkan level culture sehingga, memilki tiga kota yang memiliki status ‘legendary’.
  • Dipilih oleh PBB sebagai  ‘World Leader’.

Kemudian jika sampai batas turn akhir (defaultnya tahun 2050 Setelah Masehi) tidak ada goal diatas yang terpenuhi , maka player yang memiliki score tertinggi akan dijadikan pemenangnya.

Teknologi akan sangat membantu bangsamu

Layaknya seorang pemimpin sungguhan, pemain akan dituntut untuk membangun bangsanya, berbekal hanya dengan seorang settler (unit dalam game yang mampu membangun sebuah kota) seorang pemain harus mampu bersaing dengan bangsa yang lain. Mulai dari perebutan seumber daya alam, perang terbuka, perang dingin sampai negosiasi perundingan. Pemain juga dituntut untuk mampu memuaskan rakyat yang dipimpinya, apabila rakyat tidak terpuaskan maka akan terjadi disorder di salah satu kotanya.

Dalam game ini segala cara dimungkinkan untuk memenangkan game, anda ingin melakukan invasi ke seluruh musuh anda sepanjang permainan? bisa!, anda ingin melakukan perang teknologi dengan bangsa lain, itu juga bisa.

NILAI EDUKASI

Beberapa nilai edukasi yang bisa di dapat adalah tentang bagaimana menjadi seorang pemimpin. Bagaimana kita mengatur mulai dari pemanfaatan sumber daya alam, hingga relasi dengan pemimpin-pemimpin yang lain. Dalam game ini juga diajakan bagaimana memperlakukan orang lain. Terasa sekali ketika kita berhadapan dengan lawan main kita. Dimana kita harus mampu mengerti apa yang sebenarnya diharapkan lawan kita agar tujuan kita juga mampu tersampaikan. Dari game ini kita juga bisa belajar tentang teknologi-teknologi, bangunan-bangunan bersejarah hingga yang paling terlihat, adalah nama-nama kota dari setiap negara dan tokoh-tokoh besarnya.

REALITY FACTORS

Realitas Fakta

Dalam game ini realitas fakta cukup terasa walaupun tidak banyak, dimana mulai dari hal kecil seperti nama-nama tokoh, bangunan bersejarah, serta unit-unit yang ada. Salah satunya :

  • Untuk membangun sebuah unit pemain harus membayar gold tertentu.
  • Untuk bisa menggunakan unit yang menunggangi kuda pemain harus memiliki sumber daya kuda dan  lain sebagainya.
  • Nama ibukota setiap bangsa sama dengan nama ibukota aslinya (contoh : Amerika memiliki ibukota Washington)
  • Nama tokoh-tokoh pemimpin bangsa sesuai dengan nama aslinya (contoh : Jepang pemimpinnya Tokugawa, China Mao Zedong, Inggris Ratu Elizabeth)
  • Sumber daya alam (resources) fungsinya sama dengan dunia nyata.

Realitas Sebab-Akibat

Negosiasi
Layaknya game strategi lainnya, setiap langkah pemain akan memberikan dampak tertentu pada permainan. Karenanya Realitas sebab-Akibat sangat terasa dalam  game ini. Bagaimana kita memperlakukan lawan main kita, kemudian bagaimana kita memperlakukan rakyat, bagaimana kita memilih teknologi yang tepat untuk dipelajari, bagaimana kita memakai sumber daya alam kita, semuanya memiliki dampak masing-masing terhadap pemain. Salah satunya adalah :

  • Pemimpin lawan akan menyerang bangsa ada jika anda menyerang bangsa mereka.
  • Pemimpin lawan akan menolak negosiasi apabila hal yang di tawarkan tidak masuk akal.
  • Jika hubungan kita dengan pemimpin lawan baik, maka mereka tidak segan-segan untuk memberikan hadiah.
  • Jika pemain terlalu fokus dalam membangun militer maka rakyat yang tidak menyukai militer akan melakukan protes (disorder dalam sebuah kota).
  • dll

Realitas Audio-Visual

Realitas Visual dalam game ini bisa dibilang cukup baik. Dalam game ini bangunan seperti Pyramid, patung liberty, taj mahal, colleseium, pusat sanitasi air, pentagon, kemudian unit-unit seperti Tank dan helicopter semuanya dibuat semirip mungkin dengan yang aslinya. Kemudian bentuk arena bermain (map game) dibuat mirip dengan struktur bumi yang berbentuk bola.  Kapan lagi kita bisa melihat Mushroom Cloud semau kita kalau bukan dalam game ini.

Globe mapRealitas audio dalam game ini juga cukup terasa. Bagaimana suara ledakan sebuah ICBM menghantam kota musuh. Suara tembakan mesiu ketika sedang menyerang unit musuh. Selain itu juga suara pergerakan unit. Misal seperti unit yang menunggangi kuda, maka akan terdengar suara seperti suara kaki kuda menghujam bumi, lalu ada lagi suara unit yang melintasi lautan. Walaupun hanya dari segi sound effect saja, namun dinilai cukup dalam mengupayakan sebuah realitas audio.

Realitas Random

Beberapa unsur realitas random terasa pada kemunculan polusi, terutama bagi bangsa yang sudah memiliki teknologi maju namun tidak memiliki sistem kebersihan yang baik, selain itu juga bagaimana rival kita akan melakukan kontak dengan bangsa kita. Selama hubungan kita dengan rival baik, hal tersebut dapat terjadi kapan saja. Selain itu masa ke-emasan suatu bangsa yang hanya bisa terjadi dalam sekali tiap permainan, juga terjadi secara random.

Realitas Fisika

Realitas Fisika dalam game ini bisa dibilang cukup sedikit. Karena cenderungnya lebih kepada animasi yang dilakukan agar mirip dengan benda aslinya. Seperti tembakan misil dari kendaraan yang meluncurkan roket, dimana pergerakan misil berbentuk seperti gerakan parabola. Alasan lainnya mungkin karena game ini didesain memang terfokus pada gameplay strategy sehingga aspek realitas fisikanya kurang terasa.

Overall

Kalau anda mengaku menyukai game strategi, jangan bangga dahulu jika anda belum mencoba game strategi hebat ini. Gameplay yang kompleks dari game ini membuat banyak seklai kemungkinan permainan yang mampu dihasilkan. Nikmati permainannya dan dapati sensasi menjadi pemimpin yang akan memimpin bangsamu menjadi bangsa yang  nomor satu!
WinCity
oleh :

Rama Nurdian Pramudita
5108100003
Ram’Z’a Nurdian Pramudita | Create Your Badge

Author: 

No Responses

Tinggalkan Balasan