Serunya Mengelola Kebun Binatang dalam Zoo Tycoon 2

Setiap orang pasti pernah berlibur ke kebun binatang. Kebun binatang merupakan tempat wisata favorit karena memiliki hiburan yang menarik serta nilai edukasi yang tinggi. Jika seseorang mengunjungi sebuah kebun binatang, maka mereka dapat merefresh diri mereka serta mendapatkan pengetahuan tentang binatang dan lingkungannya.

Sebenarnya, taukah anda bagaimana para pengelola kebun binatang mengelola kebun binatang???. Jawaban dari pertanyaan tersebut bisa anda dapatkan dengan bermain game Zoo Tycon 2.  Game produksi Microsoft Game Studios ini memberikan gambaran mengenai kehidupan nyata sebuah kebun binatang. Pemain diposisikan sebagai seorang pengelola kebun binatang yang bertugas untuk mengelola kebun binatang. Proses pengelolaan dimulai dari merancang, membangun, hingga memelihara kebun binatang.

Untuk membangun sebuah kebun binatang, pemain dibekali dengan lahan dengan luas tertentu serta sejumlah uang. Kebun binatang hanya bisa dibangun pada lahan yang telah ditentukan. Uang digunakan untuk membeli barang-barang yang perlengkapan kebun binatang. Pemain harus jeli dalam mendesain tata letak Kebun Binatang. Tata letak yang baik berpengaruh pada optimasi lahan untuk memelihara hewan piaraan maupun untuk membangun property pendukung seperi kantin dan taman bermain. Hewan-hewan akan merasa nyaman berada pada kandang yang cukup luas
namun merasa tidak nyaman berada di kandang yang terlalu sempit. Keberadaan kantin dan taman bermain akan membuat pengunjung senang.

Dalam permainan game Zoo Tycoon ini terdapat beberapa misi antara lain: bagaimana membuat binatang senang, bagaimanan membangun habitat yang sesuai bagi binatang sehingga dapat memberikan pengetahuan bagi pengunjung yang datang, membuat binatang yang mampu menghibur para pengunjung, membuat pengunjung kebun binatang senang, sampai merawat binatang dengan baik hingga mampu melepas hewan dari kebun binatang ke alam liar.

Game ini cocok untuk dimainkan oleh anak-anak usia 7 sampai dengan 15 tahun. Karena dengan game ini pemain dapat belajar mengelola sesuatu dengan lingkup yang cukup kompleks namun tersaji dalam konsep yang familiar dengan dunia anak-anak seperti kebun binatang dan hewan yang anak-anak sukai.

Nilai Edukasi Game

  • Pemain dapat menambah pengetahuan tentang hewan dan tumbuhan yang menjadi unsur dalam game. Informasi-informasi tersebut dapat diperoleh pada ensiklopedia yang ada dalam game maupun pada permainan game sendiri.
  • Pemain dapat menambah wawasan tentang pengelolaan kebun binatang. Pengelolaan meliputi tahap perencanaan, pembangunan, pemeliharaan dan strategi untuk menarik pengunjung. Dalam mengelola kebun binatang harus memperhatikan beberapa aspek antara lain:
    • Hewan : Hewan harus dibuatkan kandang dengan luas wilayah yang cukup dan sesuai dengan habitatnya. Jika kandang kurang luas dibandingkan dengan jumlah penghuni di dalamnya maka hewan merasa tidak nyaman. Selain itu hewan juga harus diberi makan dan minum yang sesuai. Makanan dan minuman bisa berkurang dan habis dimakan hewan sehingga ketersediaannya perlu dijaga. Kebersihan hewan serta kandangnya juga perlu dijaga agar hewan tetap sehat dan bugar.
    • Pengunjung    : Pemain harus mengutamakan kepuasan pengunjung. Pegunjung akan merasa puas jika dapat melihat hewan-hewan dalam habitatnya dan dapat memperoleh hiburan melalui taman hiburan serta kantin yang menjual beraneka ragam makanan serta cindera mata.
    • Tata letak: Tata letak yang baik akan mengoptimalkan penggunaan lahan untuk kandang hewan yang cukup serta taman hiburan dan kantin.
    • Pemeliharaan: Pemeliharaan menyangkut pemeliharaan hewan dan pemeliharaan kebersihan hewan, kandang, dan lingkungan kebun binatang.

Unsur Kenyataan (Realitas) Dalam Game

Realitas Fakta

Game ini dibuat selayaknya kebun binatang yang sebenarnya. Di dalam kebun binatang terdapat banyak hewan yang berada dalam kandang yang dibuat sesuai habitatnya, taman bermain serta kantin bagi pengunjung kebun binatang.
Hewan

  • Habibtat yang sesuai dengan habitat hewan yang sebenarnya.
  • Makanan dan minuman yang sesuai dengan makanan dan minuman hewan yang sebenarnya. Hewan hanya akan makan dan minum dari makanan dan minuman yang menjadi makanan dan minuman yang sesuai. Hewan akan merasa kelaparan jika tidak ada makanan dan haus jika tidak ada minuman.
  • Memiliki tingkah laku yang sesuai dengan aslinya, misalnya: burung suka membersihkan bulu-bukunya memakai paruhnya, buaya suka membuka mulutnya lebar-lebar dalam waktu yang agak lama dan berendam di air. Hewan jantan dan betina dapat melakukan reproduksi sehingga lahir seekor hewan anak dari proses reproduksi tersebut.
  • Hewan tidak suka dengan kandang dan tubuh hewan yang kotor. Sebaliknya, hewan merasa senang jika tubuh dan kandangnya bersih.
  • Hewan merasa tidak nyaman jika luas kandang terlalu sempit dibandingkan dengan jumlah hewan di dalamnya.

Pengunjung Kebun Binatang

  • Pengunjung mengetahui jika ada hewan yang berada dalam kandang yang tidak sesuai dengan habitatnya. Mereka tidak menyukai hal itu.
  • Pengunjung merasa lapar dan haus.
  • Pengunjung ingin buang air kecil.
  • Pengunjung mencari letak tempat sampah dan membuang sampah pada tempat sampah. Jika pengunjung mencari tempat sampah beberapa saat dan tidak menemukannya maka pengunjung merasa jengkel.
  • Pengunjung anak-anak suka bermain di tempat permainan namun.

Realitas Sebab Akibat

  • Pengunjung boleh masuk ke dalam kebun binatang jika kebun binatang dalam status buka.
  • Jika kandang hewan tidak cukup luas dibandingkan dengan jumlah hewan di dalamnya, maka hewan merasa tidak senang.
  • Jika tubuh hewan dan kandang hewan kotor, maka hewan merasa tidak senang.
  • Jika usia binatang sudah tua, maka binatang akan mati.
  • Jika dinding kandang hewan ada yang bolong, maka hewan bisa keluar dari kandangnya.
  • Jika pengunjung banyak yang membuang sampah, maka tempat sampah akan penuh.
  • Petugas perawat hewan akan menambah makanan jika makanan habis serta membersihkan binatang dan kandang jika kotor.
  • Makanan dan minuman untuk hewan akan dimakan sehingga lama-kelamaan bisa habis.
  • Jika kebun binatang dikelola dengan baik, dijaga kebersihannya, dilengkapi sarana hiburan dan fasilitas kantin maka pengunjung akan merasa senang, sehingga popularitas kebun binatang akan meningkat.
  • Jika kebun binatang tidak menyediakan kantin atau taman bermain, maka pengunjung merasa kecewa (tidak senang) sehingga dapat menurunkan popularitas dari kebun binatang.

Realitas Kejadian Acak

  • Pengunjung akan membeli membeli makanan, minuman atau cindera mata sesuai dengan keinginannya.
  • Kebun binatang menyediakan tempat donasi bagi pengunjung yang ingin mendonasikan uangnya untuk biaya perawatan hewan. Pengunjung akan memberikan donasinya kepada tempat donasi tersebut.
  • Hewan jantan dan betina dewasa memiliki kemungkinan untuk bereproduksi dan melahirkan hewan baru.
  • Tingkah laku hewan seperti berendam, membersihkan bulu, memanjat pohon, berlari-lari merupakan tingkah laku yang terkadang muncul dari hewan.
  • Hewan membuang kotoran pada waktu yang tidak dapat ditentukan.

Realitas Audio dan Visual

  • Suara-suara hewan mirip dengan suara aslinya.
  • Bentuk karakter hewan sesuai dengan aslinya.
  • Bentuk karakter pengunjung adalah laki-laki dan perempuan, ada anak-anak dan juga dewasa.
  • Bentuk bangunan peralatan yang sesuai dengan kenyataan, seperti kantin, rumah makan, tempat bermain, bangku tempat duduk, dan kandang.

Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat video berikut ini.

Reviewer:

Nur Dian ‘aan’ Wahyu

Create your badge

15 Comments

  1. calisya says:

    trus down load na dimana?

  2. nurdianws says:

    Di website ini tidak menyediakan gamenya. Kalo kepingi gamenya bisa dicari di game shop.

  3. svenka says:

    aq ingin bermain zoo

  4. febriand gysberth says:

    permainanya nggak ada

  5. asri says:

    agar mendaptkan hewan baru selain yg di tentukan sejak awal, tips dan caranya bagaimana yaa? soalny sya udah mainin smmpe tahun ke-6 tetep ga ada penambahan hewan baru makasiih

  6. fikri says:

    aku pengen main permainan ini

  7. Utami Ayu Daniary says:

    bagaimana jika ingin mendapatkan hewan baru selain 4 hewan yang awal (rusa, harimau, jerapah, dan singa) ? apakah ada cheat nya? tolong dijawab.. =)

  8. LIDIA says:

    g mn cara main game nx……:?:

  9. egita says:

    permainan nya seru banget !!

  10. Akmal says:

    yah saya main zoo tycoon dah berkali-kali kebuka semua hewanya :D gampang caranya saya semua versinya sudah lengkap

  11. terimakasih infonya, untuk yang ingin menambahkan hewan silahkan cari Zoo Tycoon 2: Extinct Animals
    ada hewab purbanya loh.. seru

  12. hilmi azmi says:

    terima kasih tapi aku belum ngerti tuh !!!!!!

Leave a Comment