Sally’s Salon

Sally’s Salon adalah sebuah game simulasi dimana Anda akan berperan sebagai Sally, seorang pengusaha salon yang memulai usahanya dari titik nol. Dalam game ini, anda akan ditantang untuk melayani beberapa pelanggan dengan sebaik-baiknya untuk memaksimalkan tingkat kepuasan agar mendapatkan uang tip yang banyak. Uang yang didapatkan digunakan untuk mengembangkan usaha salon. Seiring berkembangnya usaha salon, tantangan yang ditawarkan akan menjadi lebih sulit dan membutuhkan kerja keras yang lebih banyak dari sebelumnya.

Permainan game ini sangat sederhana. Pada tiap waktu, seorang pelanggan akan datang ke salon dan jenis layanan yang diminta dapat dilihat dari sebuah “balon” gambar yang ada di atas kepala mereka. Klik dan geser pelanggan tersebut ke kursi yang sesuai dengan layanan yang diminta, contohnya adalah jika dia minta layanan keramas, geser pelanggan tersebut di kursi keramas. Setelah itu, klik pelanggan tersebut dan Sally akan berjalan ke arahnya dan dia akan memulai mengkeramasi  pelanggan tersebut. Pada saat pelanggan meminta layanan potong rambut, Anda diharuskan memilih potongan rambut yang sesuai dengan keinginan pelanggan. Jenis potongan rambut yang disukai dapat dilihat dari ekspresi wajah pelanggan saat anda memilih model rambut, ini juga akan terjadi pada saat pelanggan meminta layanan pewarnaan rambut, pengecatan kuku, dll.

Tingkat kepuasan pelanggan ditentukan dari seberapa cepat dia dilayani, dan model tampilan yang anda berikan di dalam salon. Kepuasan Pelanggan akan menurun apabila anda lambat dalam melayani pelanggan atau ketika dia tidak menerima model penampilan (seperti model rambut, warna kuku, dan  kosmetik) yang tidak pas. Kepuasan pelanggan akan menentukan berapa jumlah uang tip yang akan Anda terima. Uang tip dapat digunakan untuk merekrut pegawai, mengupgrade kursi, atau membeli bermacam-macam aksesoris untuk mempermudah Anda dalam menyelesaikan permainan ini.

Edukasi :

- Melatih cara berbisnis, meliputi perencanaan keuangan, mengatur skala prioritas, dsb.

- Pengetahuan tentang kosakata-kosakata yang berhubungan dengan salon, seperti nama-nama model rambut, nama-nama warna, dll.

Realitas fakta :

Beberapa komponen yang ada di dalam dunia nyata:

- Perabotan dan peralatan salon, meliputi kursi keramas, alat pengering rambut, cat kuku, pewarna rambut, lilin aromaterapi, dsb.

- Nama-nama dan bentuk rambut diambil dari model rambut sungguhan.

- Jenis layanan yang disediakan akan lebih bervariasi seiring dengan perkembangan usaha salon.

Realitas sebab-akibat

- Kepuasan pelanggan menurun apabila dia mendapatkan layanan yang tidak sesuai yang diharapkan.

- Pelanggan yang merasa tidak puas tidak akan memberi uang tip atau bahkan pergi tanpa membayar.

- Proses keramas dan pengeringan rambut dapat dipercepat apabila alatnya diperbarui.

- Pelanggan akan merasa lebih betah menunggu apabila diberi majalah, duduk di kursi yang nyaman, atau ketika diberi aromaterapi dan diberi suguhan kopi gratis.

Realitas AudioVisual

- Terdapat efek suara seperti aslinya ketika melakukan proses keramas, pengeringan rambut, dan suara-suara yang dhasilkan ketika melakukan potong rambut.

Realitas kejadian acak

- Tiap pelanggan yang datang memiliki karakteristik sendiri-sendiri dan ditentukan secara acak. Karakter pelanggan akan menentukan tingkat kesabaran dan besarnya tip maksimal yang diberikan tidak sama satu sama lain.

- Tiap pelanggan akan meminta layanan yang berbeda-beda, ada yang hanya ingin potong rambut saja, atau bahkan meminta layanan lengkap.

Pereview :

Galang Ramadhan 5108100091

Galang Ramadhan | Create Your Badge

One Comment

  1. athena says:

    apa gk ad y website bwat main sally spa sma cindy’s sundaes???!!!>o<

Leave a Comment