Reel Fishing : Angler’s Dream, Mewujudkan Mimpi Menjadi Dewa Memancing

 Review Game Edukasi

Dapatkah anda membayangkan bagaimana suasana ketika anda pergi memancing? Hembusan angin pegunungan atau lautan, suara gemericik air, dan tentunya tantangan yang anda dapatkan ketika bertarung dengan ikan yang terkail oleh alat pancing anda. Reel Fishing Angler’s Dream, sebuah game yang dirilis Natsume untuk konsol Nintendo Wii menghadirkan semua sensasi memancing ke dalam layar kaca anda.

Digarap oleh perusahaan Natsume, yang membuat RPG Simulasi terkenal, yaitu serial Harvest Moon dan Rune Factory dan tim Open Sesame, yang telah expert dalam bidang game simulasi memancing, Reel Fishing Angler’s Dream memberikan pemain pengalaman memancing dalam environment grafis 3D yang super-detail, AI ikan yang bergerak layaknya ikan asli dan sound-effect yang mirip dengan suasana alam tempat memancing sebenarnya. Pemain tidak akan merasakan Reel Fishing Angler’s Dream adalah sebuah game, namun, inilah simulasi memancing yang nyata.

Video Trailer Reel Fishing : Angler’s Dream

Dalam game ini, pemain berperan sebagai pemancing yang sedang berguru pada seorang master memancing yang tinggal di sebuah rumah kayu di tengah gunung. Pemain akan diberikan berbagai tantangan oleh sang master pada setiap tempat memancing yang tersedia pada game. Tersedia banyak lokasi memancing, mulai danau berair tenang, sungai yang berarus deras, hingga laut tropis. Terdapat sekitar 100 jenis kail dan peralatan memancing dan berbagai spesies ikan yang harus ditaklukkan di game ini.

Tidak hanya memancing, dalam game ini terdapat fitur untuk menyimpan ikan tangkapan pemain dalam 3 jenis akuarium. Akuarium air laut untuk memelihara ikan laut, akuarium air tawar untuk memelihara ikan yang tinggal di perairan tenang seperti danau, dan akuarium air tawar berarus untuk memelihara ikan yang tinggal di perairan berarus deras seperti sungai.

Tersedia pula Joystick Nintendo Wii berbentuk joran pancing untuk melipatgandakan sensasi nyata yang anda dapatkan saat memancing di Reel Fishing: Angler’s Dream.

Nilai edukasi yang bisa didapatkan dari game ini

  • Meningkatkan keterampilan memancing, baik bagi pemula, maupun bagi ahli memancing sekalipun.
  • Menambah wawasan tentang jenis – jenis ikan yang hidup di berbagai belahan bumi.
  • Melatih kemampuan mengatur jadwal, karena memancing agar hasilnya optimal harus di waktu – waktu saat ikan buruan sedang pada musimnya.

Unsur realitas dalam game

Realitas fakta dalam game

Pada Game Reel Fishing: Angler’s Dream disimulasikan kejadian – kejadian yang nyata, misalnya :

Pada akuarium :

  • Pemain memiliki akuarium untuk memelihara ikan, setiap akuarium memiliki jenis tertentu yang hanya bisa dimasuki ikan yang jenisnya sesuai dengan akuarium. Misal, ikan laut hanya bisa dipelihara di akuarium air laut.

Tentang musim memancing :

  • Pada game ini terdapat variabel waktu, ikan hanya bisa dipancing pada waktu musimnya saja, jika tidak pada musimnya, ikan tidak akan muncul.
  • Ukuran ikan yang muncul juga tergantung musim ikan. Di awal musim, ikan yang muncul biasanya berukuran kecil sampai sedang. Di akhir musim, ikan yang muncul besar – besar, namun semakin jarang muncul atau sulit dipancing.

Tentang pola dan perilaku ikan :

  • Ikan memiliki umpan favoritnya tersendiri, jika umpan yang digunakan benar, maka besar kemungkinannya mendapatkan ikan tersebut.
  • Ikan yang terpancing akan melakukan perlawanan, ikan yang besar dan kuat bahkan bisa memutuskan senar pancing.

Realita fakta yang lain :

  • Animasi gerakan ikan dan kail pancing disesuaikan dengan gerakan yang asli.

Realitas sebab akibat dalam game

Terdapat pula simulasi yang menyatakan hubungan sebab-akibat atau urutan pada game ini, diantaranya :

  • Pemain harus menyelesaikan tantangan memancing yang lebih mudah dulu, untuk membuka stage yang lebih sulit.
  • Ikan yang dipelihara di akuarium jika tidak diberi makan kesehatannya akan menurun, dan lama – lama akan mati.

Realitas kejadian acak

Dalam Reel Fishing: Angler’s Dream, disimulasikan juga kejadian – kejadian acak yang mungkin bisa terjadi dalam dunia nyata :

  • Kemungkinan untuk ikan mendekati umpan yang pemain lepaskan adalah acak, namun bisa semakin besar jika umpan dan posisi melempar umpannya benar.
  • Pola gerakan perlawanan ikan saat terpancing terlihat acak, namun jika diamati, ikan akan meronta ganas jika pemancing terlalu cepat menarik kailnya, atau pemain terlalu pasif atau kurang agresif dalam menarik kail.

Realitas fisika

Terdapat juga hukum – hukum fisika yang diimplementasikan untuk menambah unsur real pada game ini, seperti:

  • Senar pancing memiliki beban maksimum yang bisa ditahan, jika ikan meronta terlalu kuat, maka senar pancing bisa putus. Untuk mengatasi hal ini, terdapat opsi untuk menegangkan dan mengendurkan tekanan pada senar pancing, sehingga bisa mengurangi beban dari ikan.
  • Jika ikan melompat keluar dari permukaan air, maka akan terdapat animasi cipratan air.

Realitas audio dan visual

Reel  Fishing: Angler’s Dream juga menghadirkan nuansa audio dan visual yang dibuat mirip dengan aslinya, untuk mensimulasikan kegiatan memancing seperti kenyataan:

  • Background latar lokasi memancing yang mirip dengan lokasi memancing asli.
  • Terdapat animasi arus atau aliran air pada lokasi memancing.
  • Bentuk ikan, animasi gerakan ikan dan ukuran ikan disesuaikan dengan aslinya.
  • Musik dan sound effect yang sesuai dengan lingkungan tempat memancing dan mirip dengan aslinya.

Reviewer
Masdito Bachtiar – 5107100052

Masdito Bachtiar | Create Your Badge

Author: 

No Responses

Tinggalkan Balasan