FIFA Manager 2011 : Menjadi pemimpin tim? Siapa takut!

 Simulasi, Uncategorized

Sepak bola mungkin sangat menyenangkan untuk dimainkan. Namun bagaimana dengan menangani tim sepak bola? Anda sering melihat pelatih-pelatih kenamaan di lapangan hijau seperti Jose Mourinho meneriakkan instruksi kepada anak didiknya di lapangan. Terkadang ia juga terlihat frustrasi.

Lewat FIFA Manager 2011, Anda dapat belajar menjadi “Jose Mourinho baru”. Permainan ini merupakan permainan manajemen tim sepak bola. Lewat game ini, Anda akan belajar mengatur skema permainan tim sepak bola serta susunan pemain yang efektif untuk mengalahkan tim lawan. Seorang manajer juga perlu memotivasi pemainnya. Jika tim bermain terpuruk dalam babak awal sebuah laga bola, Anda dapat memotivasi pemain untuk melakukan lebih baik di babak lanjutan. Dari pinggir lapangan, saat pertandingan, Anda juga dapat meneriakkan strategi-strategi.

Di luar pertandingan, Anda dapat mengatur dan memonitor jadwal latihan tim. Tim dengan intensitas latihan yang terlampau tinggi akan memiliki resiko cedera yang tinggi pula. Namun, dengan intensitas latihan yang sangat rendah, kualitas tim tidak akan meningkat. Anda, sebagai manajer juga dapat melakukan pembicaraan pribadi kepada pemain dalam tim Anda. Anda juga dapat melakukan negosiasi kontrak kepada pemain yang durasi kontraknya sudah akan berakhir. Bahkan, pemain yang tidak berkontribusi maksimal dapat Anda pecat sebelum kontraknya habis.

Tidak hanya terkait tim, Anda juga diberi keleluasaan untuk mengolah keuangan klub. Mulai dari pengaturan harga tiket pertandingan, penjualan cindera mata klub, hingga mengatur pembangunan fasilitas klub.

Jika Anda merasa banyak hal tersebut terlalu kompleks, staf klub dapat membantu Anda melakukannya. Fitur yang patut dicoba dari game ini adalah kehidupan personal sang manajer. Anda dapat membeli rumah hingga menikah.

Nilai edukasi

Memang tidak ada nilai edukasi akademis dalam game ini. Namun, Anda dapat menyimulasikan antara aksi dan reaksi ketika Anda melakukan pembicaraan dengan pemain yang ada dalam tim. Dalam game ini Anda belajar menjadi motivator sekaligus manager dari sekumpulan pemain dan staf profesional.

Game ini dapat membantu Anda dapat belajar menjadi pelatih sepak bola yang handal karena permainan ini memiliki banyak sekali variabel sehingga setidaknya mendekati keadaan nyata.

Unsur Realitas

Game ini merupakan sebuah virtual reality proses, di mana di dalamnya terdapat proses-proses negosiasi kontrak, pembelian, serta penjualan pemain. Latihan tim juga merupakan sebuah simulasi bagaimana sebuah tipe latihan dapat meningkatkan kemampuan tertentu seorang pemain.

Kejadian acak dapat terjadi baik dalam pertandingan maupun di luar pertandingan. Dalam pertandingan, walaupun tim Anda merupakan tim dengan level yang tinggi, namun, dengan kemungkinan yang sangat kecil, Anda masih saja dapat kalah oleh tim yang memiliki level yang jauh di bawah. Di luar lapangan, Anda juga mendapatkan kemungkinan pemain Anda terlibat masalah dengan media, pemain lain, dan sebagainya.

Realitas visual dalam game ini memang ada, yakni dalam simulasi 3D pertandingan walaupun tidak sebaik permainan-permainan sepak bola lain seperti Pro Evolution Soccer.

Semua aspek yang ada dalam game ini benar-benar diupayakan oleh tim Electronic Arts Sports sehingga sangat mendekati dunia nyata.

Unsur-unsur realitas:

  • Interaksi dengan pemain (orang)
  • Tiap pemain memiliki mood tersendiri bergantung pada keadaannya saat itu
  • Manajemen keuangan
  • Pengeluaran dan pemasukan klub
  • Simulasi pertandingan
  • Simulasi hubungan dengan individu dan pers
  • Manajemen tim

Realitas fakta:

  • Pemain-pemain merupakan pemain dengan data nyata
  • Manager dan kebanyakan staf pada tiap klub nyata
  • Stadion
  • Sponsor

Realitas fisika:

  • Bola (dalam 3D match simulation)

Realitas sebab-akibat

  • Untuk meningkatkan kemampuan pemain harus dengan latihan
  • Untuk meningkatkan hubungan dengan tim, harus melalui komunikasi yang baik
  • Untuk meningkatkan hubungan dengan publik dan sponsor harus dengan menunjukkan hasil yang baik dan komunikasi yang baik

Realitas kejadian acak:

  • Walaupun tim kita memiliki level yang sangat tinggi, terdapat kemungkinan kalah dari tim yang jauh lebih lemah karena faktor-faktor non-teknis

Realitas visual:

  • Foto-foto pemain kebanyakan merupakan foto asli dari pemain tersebut
  • pertandingan dalam 3D match simulation

Realitas audio:

  • Gemuruh penonton dan komentator yang ada pada match simulation

Penilaian akhir

Game FIFA Manager 2011 merupakan sebuah permainan simulasi bernilai edukasi yang sangat mendekati nyata dalam segi proses, baik itu latihan tim, pertandingan, memotivasi pemain, sampai dengan proses negosiasi kontrak maupun jual-beli pemain.

penulis:
Hapsoro Adi Permana
5108100011

Hapsoro Adi Permana

Create Your Badge

Author: 

No Responses

Tinggalkan Balasan