Call of Duty: Black Ops

 Review Game Edukasi, Review Game Realitas Virtual, Simulasi

Nama game                    : Call of Duty: Black Ops

Genre                                : Historic FPS (First-Person Shooter)

Dikembangkan oleh    : Treyarch

Dipublikasikan oleh     : Activision

COD7_Cover

Call of Duty: Black Ops adalah permainan FPS dari rangkaian serial Call of Duty. Black Ops merupakan seri yang ke-7 dari Call of Duty setelah Call of Duty: Modern Warfare 2. Permainan ini dikembangkan oleh Treyarch dan didistribusikan oleh Activision. Black Ops merupakan seri permainan Call of Duty pertama yang menggunakan latar belakang Perang Dingin. Game ini telah dirilis pada 9 November 2010 lalu. Game ini dapat dimainkan pada platform PC, Xbox 360, PS3, dan Wii. Saat peluncuraan perdananya, tanggal 9 November 2010 lalu, game ini memecahkan rekor penjualan dalam kurun waktu 24 jam dengan 5,6 juta kopi telah terjual.

Permainan ini berawal saat Mason, Frank Woods, dan Joseph Bowman mencoba untuk membunuh Fidel Castr. Mason berhasil membunuh Fidel Castro, tetapi ketika mereka kabur dari tempat itu dengan pesawat, Mason tertinggal dan ditahan militer Kuba dan Fidel Castro yang asli. Karena telah membentuk aliansi dengan Rusia, Castro menyerahkan Mason kepada Jenderal Nikita Dragovich. Mason ditahan di Vorkuta Gulag selama 2 tahun.

Selama masa penanahannya, Mason bertemu dengan Viktor Reznov (seorang tokoh dari Call of Duty: World at War), seorang mantan anggota Tentara Merah. Reznov menceritakan Mason idetitas orang yang terlibat dalam penyiksaan Mason: Dragovich, Lev Kravchenko, dan seorang mantan ilmuan Nazi yang membelot ke Uni Soviet, Friedrich Steiner. Ketiganya membagi koneksi ke Reznov: pada Oktober 1945, Reznow, Dragovich, Kravchenko, dan Dimitri Petrenko merupakan bagian dari anggota yang dikirim untuk menemukan Steiner. Selama misinya, Reznow dikhianati oleh Dragovich, yang menggunakan penemuan Steiner, peralatan saraf yang dikenal sebagai “Proyek Nova” pada Petrenko. Reznov selamat dari serangan komando SAS Britania Raya. Dalam kebingunan, dia menghancurkan “Proyek Nova”. Alat itu diselamatkan oleh Rusia, yang kemudian dikenal dengan nama “Nova-6”. Tak lama kemudian, Reznov dipenjara di Vorkuta. Mason dan Reznov memicu pemberontakan dalam tahanan untuk kabur dari gulag, namun hanya Mason yang kabur.

Sebulan kemudian, Presiden John F. Kennedy memberi wewenang untuk membunuh Dragovich. Pada November 1963, Mason, Woods dan Bowman dikirim ke Kosmodrom Baikonur di Republik Sosialis Soviet Kazakh untuk mengganggu program luar angkasa Uni Soviet, menyelamatkan agen CIA kelahiran Rusia Grigori Weaver, dan membunuh anggota program Soviet Ascension. Dragovich lolos dari pembunuhan, yang mendorong Mason mencari dia selama 5 tahun ke depan.

Game Mode

  • Campaign, pada mode ini anda akan bermain sebagai seorang agen rahasia yang bernama Mason. Anda akan dihadapkan dengan beberapa misi yang harus diselesaikan. Misi tersebut sesuai dengan apa yang terjadi selama Perang Dingin, atau bisa dikatakan sebagai misi rahasia CIA yang bernama Black Operations.
  • Multiplayer, pada mode ini anda akan bermain dengan banyak pemain. Selain anda dapat meng-unlock senjata dan perks dengan cara level up, CODPoints juga diperkenalkan. CODPoints akan digunakan untuk membeli segala sesuatu yang diinginkan dalam mode Multiplayer. Point ini dapat diperoleh dengan memainkan game seperti biasanya, yaitu dengan level up dan menyelesaikan kontrak. Namun, beberapa item akan aktif ketika pemain telah mencapai level tertentu.

Rank atau Achievement

Level up masih menjadi bagian utama pada game ini; senjata di-unlock melalui penambahan level, namun masih perlu dilakukan pembelian. Pemain akan mengkatifkan seluruh Perks, Granat, Perlengkapan pada level 4, dengan Create A- Class.

Level tertinggi yang dapat diraih adalah level 50, dan jika level 50 telah tercapai, Prestige Mode akan ditawarkan. Terdapat 15 level Prestige, selain 10 misi regular ang ditawarkan.
Rank

Map atau Area

Terdapat berbagai macam peta yang disediakan pada dua mode campaign dan multiplayer. Untuk mode campaign menawarkan peta tempat operasi CIA selama perang dingin terjadi, mulai dari Kuba, Gulag, Kazakh, hingga Hongkong. Untuk mode multiplayer ditawarkan peta yang dapat dipilih saat akan dimainkan. Peta tersebut adalah Array, Cracked, Crisis, Firing Range, Grid, Hanoi, Havana, Jungle, Launch, Nuketown, Radiation, Summit, Villa, dan WDM.

Senjata

Terdapat banyak sekali senjata yang ditawarkan pada game ini. Untuk seluruh game mode dapat memakai senjata yang dibuat pada masa Perang Dingin, yaitu antara lain MP15, Skorpion, AK47, M16, Commando, FN FAL, G11, Stoner63, Dragunov, WA200, M1911, Makarov, RPG, Crossbow, dan masih banyak lagi. Berikut ini adalah daftar senjata yang dapat digunakan pada game ini:

COD7Weapon

Nilai Edukasi

  • Anda akan mengenal lebih dalam operasi Black Operation yang diselenggarakan CIA selama Perang Dingin.
  • Anda harus berusaha untuk dapat menyelesaikan misi CIA, baik itu secara diam-diam (tidak diketahui musuh), atau terpaksa ketahuan oleh musuh.
  • Anda akan mengenal lebih jauh mengenai senjata-senjata yang terdapat selama perang dingin.

Fitur dan Nilai Realitas

Realitas Fakta

  • Misi yang terjadi pada mode Campaign adalah misi yang sama dengan operasi Black Ops yang diselenggarakan CIA.
  • Senjata yang dapat digunakan adalah senjata yang banyak dipakai selama Perang Dingin.

Realitas Fisika

  • Efek gravitasi dapat menyebabkan pemain jatuh dari tempat tinggi jika tidak berjalan dengan hati-hati. Anda kemungkinan akan mati atau hanya terluka saja.
  • Berhati-hatilah saat melempar granat. Tidak ada granat yang bisa menembus tembok. Ada juga yang asik diperlihatkan, yaitu saat anda melempar granat dan mengenai helm musuh, musuh akan terlihat kebingungan dan granat pun juga akan jatuh ke tanah. Lihat hingga granat meledak! Kalau terkena musuh, musuh akan terlempar ke udara.
  • Ledakan dapat menyebabkan objek-objek terlempar.
  • Helikopter yang tertembak akan jatuh ke bawah, seperti terkena gaya gravitasi.

Realitas Sebab Akibat

  • Jika tubuh (musuh atau pemain) tertembak akan mengeluarkan darah di tempat peluru tersebut menancap di tubuh. Jika terlalu banyak terkena tembakan pada waktu yang singkat, anda atau musuh akan mati. Atau jika terjadi headshot, anda atau musuh akan tewas seketika.
  • Tembok yang ditembak akan menghasilkan lubang yang sesuai dengan kaliber peluru yang ditembakkan.
  • Senjata yang memiliki peredam suara, akan menghasilkan suara yang bersesuaian dengan jenis senjatanya.
  • Semakin banyak dan semakin besar kaliber peluru yang mengenai tubuh, maka semakin cepat anda atau musuh yang tertembak akan mati.
  • Segala jenis peledak baik itu peledak lontar ataupun lempar, jika titik ledakan tepat mengenai tangan atau kaki, maka tangan atau kaki tersebut akan terlepas dari tubuh.
  • Ledakan dapat menyebabkan seluruh pemain terlempar.
  • Semakin besar kaliber peluru dan semakin cepat peluru yang dimuntahkan, maka semakin besar efek goncangan saat menembak terjadi.

Realitas Random

  • Musuh akan melakukan aksinya secara random namun masih bersesuaian dengan jalan cerita yang terjadi pada misi yang bersangkutan.

Realitas Visual

  • Detil setiap objek (senjata, manusia, lingkungan) pada game hampir menyerupai objek sebenarnya.
  • Gerakan karakter saat loncat, berlari, terkena ledakan, memukul atau apapun terlihat sangat nyata.
  • Terjadi efek blur jika terbentuk udara panas.
  • Bagian tubuh yang dapat terlepas.
  • Objek yang terlempar jika terkena ledakan.
  • Partikel ledakan (asap, tanah, objek terbelah) terlihat sangat nyata.

Realitas Audio

  • Telinga anda akan berdenging jika terkena ledakan dari dekat.
  • Setiap senjata memiliki suara yang berbeda, baik senjata itu diberi peredam suara atau tidak.
  • Suara yang terjadi di lingkungan, dialog, dll terdengar sangat nyata.

Kesimpulan

Game ini adalah perpaduan sempurna dari serial Call of Duty yang telah diluncurkan sebelumnya. Berbagai bentuk dunia nyata telah banyak dimunculkan menyerupai dunia yang sebenarnya. Segi cerita yang sama dengan apa yang dimunculkan pada setiap seri Call of Duty selalu memberikan kesan mendalam. Serial Black Ops ini ditujukan khusus untuk operasi rahasia CIA yang bertajuk Black Operation yang digelar pada masa Perang Dingin. Anda akan bermain sebagai Mason, seorang agen rahasia CIA. Anda diharuskan menyelesaikan misi yang telah disesuaikan dengan jalan cerita yang telah dibuat. Selesaikan misi sebaik mungkin, dan penuhi requirement yang dibutuhkan pada setiap misi.

Minimum System Requirement

  • Intel Core 2 Duo E6600 atau AMD Phenom X3.
  • 12 GB ruang hardisk.
  • 256MB nVidia GeForce 8600GT atau ATI Radeon X1950 Pro.
  • 1 GB RAM
  • DirectX 9

Call of Duty: Black Ops Official Trailer

Reviewer

Suryawan Bimantoro 5107100007

Author: 

No Responses

Tinggalkan Balasan