Belajar Bertani Secara Virtual Dengan Farmville

 Review Game Edukasi, Review Game Realitas Virtual, Simulasi

Farmville

Bagi Anda yang suka atau hobi bertani dan berkebun, game ini perlu banget untuk kalian coba.

Farmville merupakan sebuah game simulasi RPG yang lumayan bagus untuk belajar mengolah kebun atau pertanian secara virtual. Game ini tersedia di jejaring sosial facebook dan sekarang ada dalam bentuk aplikasi pada iphone. Pada game ini memungkinkan bagi anggota-anggota facebook untuk mengolah sebuah pertanian virtual dengan membajak tanah, menanam dan memanen tanaman virtual, penebangan pohon dan semak-semak, menyimpan ternak, membangun rumah, serta melakukan jual beli dari asesoris atau kebutuhan yang diperlukan.

Walaupun terkadang game ini hanya sebatas mengenai pertanian dan peternakan, namun paling tidak game ini banyak memberikan pengetahuan mengenai cara-cara menanam dan beternak dari simulasi permainan ini. Selain itu, jika Anda bisa berkomunikasi atau melakukan interaksi dengan anggota-anggota lain pada facebook seperti berkunjung ke tempat pertanian teman, meninggalkan pesan, memberi hadiah, dan lain-lain.

<iframe title=”YouTube video player” width=”640″ height=”390″ src=”http://www.youtube.com/embed/FrqWVLIrcNM” frameborder=”0″ allowfullscreen></iframe>

Pada awal pertanian yang Anda buat, Anda dapat membuat sebuah avatar yang dapat anda sesuaikan dan melakukan pengubahan pada avatar tersebut sesuai dengan yang Anda sukai. Pemain memulai permainan dengan tanah kosong dan jumlah koin pertanian awal yang tetap menjadi mata uang utama dalam permainan. Pemain juga mendapatkan XP (Poin Pengalaman) selama melakukan tindakan tertentu dalam permainan, seperti membajak tanah atau membeli item. Pada Benchmark XP tertentu, level seorang pemain bisa naik. Dalam permainan tersebut pemain dapat mendapatkan item selama meningkatkan level. Mereka dapat membeli item seperti tanaman, hewan, dan barang-barang dari pasar dengan menggunakan koin atau kas pertanian. Kas pertanian dapat diperoleh dengan naiknya level, melalui penawaran, atau dibeli dengan uang sungguhan.

Karena Farmville adalah gaya permainan media sosial suatu Strategi Farmville yang terpenting adalah untuk mendapatkan tetangga. Semakin banyak tetangga yang Anda miliki semakin banyak pula properti yang dapat Anda miliki.

Nilai edukasi yang bisa didapatkan dari game ini

Berikut nilai edukasi yang bisa didapatkan dalam game farmville:

  • Belajar bagaimana proses dalam melakukan pertanian, seperti membajak tanah, menanam tanaman, memanen, termasuk beternak hewan.
  • Dapat menambah pengetahuan kepada pemain mengenai tanaman, hewan dan barang-barang beserta fungsinya.
  • Belajar strategi penjualan, menentukan apa yang harus dibeli dan dijual, mengatur keuangan yang dimiliki.
  • Dengan media sosial yang ada, pemain bisa belajar berinteraksi dengan tetangga yang dimiliki, melatih kemampuan dan bakat, dan pemeliharaan barang-barang, hewan atau tanaman yang dimiliki.

Unsur Kenyataan (Realitas) di dalam game

Realitas fakta di dalam game

Sebagaimana dalam game simulasi yang mensimulasikan kehidupan nyata, berikut ini adalah realitas yang terdapat di dalam game ini:

Fungsi-fungsi barang yang tersedia, misalnya:

  • Traktor digunakan untuk membajak, Seeder untuk menanam, dan harvester untuk memanen tanaman, serta Fuel yang berfungsi sebagai bahan bakarnya.
  • Barang-barang untuk dekorasi seperti gazebo, pagar, kolam, pepohonan, ornamen, bendara, dan sebagainya.
  • Bangunan-bangunan untuk beternak ayam, madu, bebek, babi, sapi, kuda, kambing, dan sebagainya.
  • Dan sebagainya.

Harga barang-barang

  • harga barang yang memiliki efektifitas lebih tinggi harganya lebih mahal
  • harga barang menjadi turun setelah dipakai kemudian dijual kembali

Realitas fakta lainnya

  • Waktu penanaman tanaman disesuaikan dengan harga dengan waktu yang realtime.

Realitas sebab akibat

Adapun realitas sebab-akibat atau urutan yang disertakan di dalam game ini adalah sebagai berikut:

  • Sebelum melakukan penanaman benih Anda harus membajak atau plow tanah.
  • Jika Anda terlambat dalam melakukan pemanenan tanaman maka tanaman tersebut akan mati dan tidak dapat dipanen.
  • Jika kita tidak segera menanam tanah yang telah dibajak atau dipanen, maka tanah tersebut akan rusak dan perlu dibajak lagi untuk bisa ditanami.
  • Sebelum kita menggunakan kendaraan seperti traktor dan lainnya, kita harus mengisinya dengan bahan bakar yang Anda miliki.

Realitas kejadian acak

Di dalam game ini ada kejadian-kejadian yang mungkin terjadi beserta faktor penyebabnya. Berikut ini adalah kejadian tersebut dan faktor-faktornya yang sesuai dengan dunia nyata:

  • Tetangga bisa mengirimkan hadiah kepada Anda sesuai dengan keinginannnya.
  • Tetangga dapat mengunjungi lokasi pertanian kita dan dapat membantu dalam memanen atau menyuburkan tanah yang Anda miliki.

Realitas Audio dan Visual

  • Suara-suara hewan mirip dengan suara aslinya.
  • Bentuk karakter hewan dan tanaman sesuai dengan aslinya.
  • Bentuk bangunan peralatan yang sesuai dengan kenyataan, seperti banguna rumah, kolam, dekorasi-dekorasi, dan lain-lain.

Reviewer:
Samsul Hadi

Buat Lencana Anda

Author: 

No Responses

Tinggalkan Balasan