Rise Of Nation

 Review Game Realitas Virtual

Rise Of Nation merupakan permainan komputer real-time strategy, dikembangkan oleh Big Huge Games dan dipublikasikan oleh Microsoft pada 20 Mei 2003. Rise Of Nations menampilkan 18 peradaban yang dapat dimainkan selama 8 zaman sejarah dunia.

Rise of Nations menggunakan konsep permainan “wilayah”. Pemain hanya dibolehkan membangun bangunan di dalam wilayah pemain tersebut atau wilayah sekutunya. Membesarkan wilayah dapat dilakukan dengan membangun kota, benteng, peningkatan riset, dan mengumpulkan sumber daya langka. Teknologi dan sumber daya yang lain dapat menyebabkan unit musush mengalami kerusakan dan cedera dalam beberapa waktu, yang secara bertahap dapat menghancurkan pasukan invasi yang tak terdukung. Kota adalah hal yang penting dalam permainan; kebanyakan bangunan hanya dapat dibangun jika tidak terlalu jauh dengan sebuah kota, perbatasan paling mudah diperluas dengan membangun dan memperluas kota, dan kota adalah satu-satunya penghasil pengumpul suber daya—Rakyat. Jumlah kota yang dapat dibangun dibatasi dan kota hanya dapat dihancurkan oleh yang memilikinya. Kota yang direbut dikuasai oleh yang merebutnya tersebut.

Rakyat (pekerja pengumpul sumber daya) dalam Rise of Nations tidak diam saja setelah melakukan sesuatu sampai diberi perintah; sebaliknya, setelah beberapa waktu, rakyat yang menganggur mencari daerah konstruksi, bangunan pengumpul sumber daya yang belum penuh, atau bangunan yang rusak yang berada di dekat mereka dan secara otomatis bergerak ke sana untuk membangun, mengumpulkan, atau memperbaiki. Opsi ini dapat dinonaktifkan dan disesuaikan dengan kebutuhan. Semua sumber dari sumber daya di Rise of Nations bersifat tak terbatas, tidak seperti yang terbatas seperti yang ditemukan di, sebagai contoh, Warcraft di operasi pemain tunggal; yang dibatasi adalah jumlah sumber daya yang dapat dikumpulkan dalam 30 detik, yang batasnya dapat dinaikkan lewat penelitian (research).

Tidak seperti kebanyakan permainan RTS, yang hanya menampilkan tiga sumber daya (seperti Warcraft), dua sumber daya (Starcraft, Warhammer 40,000: Dawn of War), atau bahkan hanya satu sumber daya (Homeworld, Command & Conquer 3: Tiberium Wars), terdapat enam sumber daya di Rise of Nations, lima di antaranya (Makanan, Kayu, Logam, Minyak bumi, dan Uang) kebanyakan digunakan untuk membangun unit dan bangunan. Sumber daya keenam, Pengetahuan, digunakan untuk meneliti (researching) teknologi, walaupun itu juga penting untuk pembuatan misil dan dua bangunan keajaiban terakhir (Supercollider dan Program Antariksa). Meskipun proliferasi dari sumber daya, masing-masing bangunan, teknologi, atau tipe unit ini hanya membutuhkan satu atau dua tipe untuk membangunnya; karenanya, permainan menjadi efisien. Sementara membuat infrastruktur pemanen/pengumpul dapat memakan waktu, sebagiannya dipermudah oleh fakta bahwa beberapa sumber daya hanya tersedia setelah melanjutkan ke zaman tertentu; sebagai contoh, pemain tidak dapat mengumpulkan minyak bumi sampai mereka telah memasuki Era Industri karena minyak bumi tidak dibutuhkan hingga setelah Revolusi Industri.
War
Setiap 18 peradaban di Rise of Nations memiliki setnya masing-masing untuk unit unik yaitu sekitar empat hingga delapan unit unik yang tersebar di berbagai era. Bila suatu faksi tidak memiliki unit unik pada suatu era, namun era tersebut sedang dimainkan, faksi tersebut menggunakan unit default yang biasa digunakan pada era itu. Rise of Nations menggunakan mesin 2D/3D hibrid untuk melukiskan bangunan dan mesin 3D untuk melukiskan unit, lahan, dan efek istimewa.


Nilai Edukasi

Berikut nilai edukasi yang terdapat dalam Rise Of Nations

  • Memberikan wawasan bagaimana mengelolah sebuah wilayah
  • Memberikan gambaran bangunan-bangunan kejaiban dunia
  • Mensimulasikan tata kota yang baik dan hal yang perlu diprioritaskan pada pembangunan sebuah negara
  • Mengatur sebuah strategi perperangan

Unsur Kenyataan (Realitas) di dalam game

  • Fungsi-fungsi barang yang tersedia

Barracks, digunakan untuk membangun sebuah berbasis tentara perorangan

Auto Plant, digunakan sebagai sumber daya pembangunan

Siege Factory/Factory, digunakan untuk membangun sebuah pasukan berbasis motor / berkendara

Dock/Shipyard/Anchorage, digunakan untuk membuat pasukan yang beroperasi di laut (angkatan laut)

Airfield, digunakan untuk membangun pasukan udara

Missile Silo, merupakan senjata pemusnah masal dimana tiap negara memiliki senjata yang unik

Fort/Castle/Fortress/Redoubt, merupakan bangunan-bangunan yang menunjang kebuadayaan sebuah negara itu sendiri, semakin tinggi kebudayaan maka unit yang dapat diproduksi juga semakin kuat

Unit, pasukan dapat digunakan untuk menyerang negara lain untuk memperluas wilayah

  • Harga barang-barang

Semakin handal unit maka harga pembelian unit semakin

Semakin tingginya era juga mempengaruhi harga sebuah unit, unit yang dimaksud dapat berupa bangunan maupun unit perang.

  • Realitas fakta lainnya

Terdapat bangunan-bangunan keajaiban dunia

o Angkor Wat

o Colosseum

o Istana Kremlin (atau mungkin tepatnya Katedral Santo Basil)

o Menara Eiffel

o Menara Porselen

o Patung Colossus

o Patung Liberty

o Piramida

o Program Luar Angkasa

o Supercollider

o Taj Mahal

o Terakota

o Kuil Tikal

  • Pembangunan / pengelolahan sebuah negara membutuhkan sumber daya alam, seperti dalam kehidupan nyata. Sumber daya yang dibutuhkan meliputi :

o Makanan, digunakan untuk menghidupi seluruh warga termasuk pasukan

o Kayu, digunakan sebagai material pembuatan sebuah bangunan

o Logam, digunakan sebagai material pembuatan sebuah bangunan

o Minyak bumi, digunakan sebagai material pembuatan sebuah bangunan

o Uang, digunakan untuk membuat sebuah unit baik bangunan maupun pasukan

Dimana untuk mendapatkan sumber daya alam tersebut pemain diharuskan membuat sebuah unit khusus untuk melakukan penambangan ataupun explorasi alam.


Realitas Sebab Akibat

  • Jika pemain menginginkan peradaban yang tinggi maka pemain diwajibkan untuk membangun bangunan-bangunan yang dibutuhkan sesuai perintah yang ada pada permainan.
  • Jika peradaban mencapai era yang tinggi maka negara tersebut dapat memproduksi pasukan yang lebih kuat.
  • Jika bangunan diserang terus menerus akan menyebabkan bangunan tersebut rusak bahkan hancur
  • Jika bangunan rusak dapat dilakukan reparasi selama ada teknisi yang menangani dan diberi komando
  • Jika sumber daya alam habis maka eksplorasi tidak dapat dilakukan lagi

Realitas Kejadian Acak

  • Jumlah sumber daya alam yang tersedia pada area tertentu.
  • Akurasi tembakan pasukan untuk mengenai sebuah sasaran
  • Adanya hewan liar yang keluar dihutan / burung yang lalu lalang dilingkunagn permainan

Realitas Fisika

  • Pergerakan peluru yang ditembakkan
  • Reaksi gaya dorong ketika sebuah kendaraan bertumbukan

Realitas Audio dan Visual

  • Pasukan yang bertarung menggunakan perangkat perang sesuai dengan eranya saat ini.
  • Tidak hanya pasukan, bangunan juga mengikuti era negara tersebut
  • Dengan latar musik juga mengikuti era negara tersebut
  • Setiap unit memilki sound respond yang berbeda-beda
  • Bentuk visual hewan yang ada juga sesuai dengan kenyataan, seperti ayam, sapi, domba, ular,

Sandi Rizky Kharisma

Author: 

One Response

  1. 5108100106Maret 10, 2011 at 11:43 AMReply

    Aku punya game nya hahahaha
    kereennnnn

Tinggalkan Balasan