Math Defense, Tower Defense and Mathematics

 Matematika, Review Game Edukasi, Tugas Kuliah Game

Math Defense adalah sebuah game edukasi matematika yang ditujukan untuk anak-anak. Dalam game ini, unsur edukasi matematika dikemas dalam permainan tower defense dimana pemain harus mampu bertahan selama mungkin dari serangan minion dengan menjawab persamaan matematika dasar.

picture_1_mathtd

Gameplay Math Defense

Pada game ini, terdapat 4 buah lane dengan masing-masing lane terdapat cannon yang siap meluncurkan roket. Selain itu, di tiap lane juga terdapat 5 buah tower penghalang yang membantu pemain dalam mengalahkan monster. Monster akan muncul pada lane secara random dalam jumlah rombongan (wave).

picture_3_mathtd

Pemain diminta untuk bertahan selama mungkin dengan menghancurkan semua monster di setiap wave-nya. Pemain akan memilih cannon di lane mana yang akan menembakkan roket. Untuk dapat menembakkan sebuah roket, pemain harus dapat menyelesaikan persamaan matematika pada cannon yang dipilih.

picture_2_mathtd

Setiap kali pemain berhasil menghancurkan satu monster, pemain akan mendapatkan bonus gold. Gold ini dapat dipergunakan untuk melakukan upgrade tower, upgrade cannon, repair tower, atau rebuild tower.

Upgrade Tower dan Upgrade Cannon

Upgrade Tower dapat dilakukan jika gold yang dimiliki mencukupi cost upgrade tower. Semakin tinggi level suatu tower maka semakin tinggi kemampuan menahan serangan monster. Semakin tinggi level upgrade semakin mahal cost upgrade tower.

picture_4_mathtd

Upgrade Cannon dapat dilakukan jika gold yang dimiliki mencukupi cost upgrade cannon. Semakin tinggi level suatu cannon maka semakin tinggi damage point roket yang diluncurkan dan tingkat kesulitan persamaan semakin tinggi. Semakin tinggi level suatu cannon semakin mahal cost upgrade cannon.

Repair Tower

Repair Tower dapat dilakukan jika health point tower tidak 100 persen dan gold pemain mencukupi cost repair tower. Repair tower akan mengembalikan health point tower menjadi 100 persen.

Rebuild Tower

Rebuild Tower dapat dilakukan jika tower sudah hancur dan pemain memiliki gold yang mencukupi cost rebuild tower.

Game Over

Permainan berakhir jika monster berhasil menghancurkan semua tower dalam satu lane dan melewati cannon.

Game ini ditujukan untuk semua umur dan tentuya dapat melatih kemampuan matematika di bagian persamaan matematika dasar dan menghitung cepat sekaligus strategi bertahan dari serangan lawan. Jadi bukan sekedar gamer biasa yang bisa memainkannya tapi juga yang jago matematika.

Kebutuhan Sistem : Adobe Flash Player 10.0

Developer Team : Tegar Riyono P., Elihu Gideon, Lutfi Rizal Gozali

Author: 

6 Responses

  1. GameEdukasiJanuari 21, 2011 at 9:55 AMReply

    Kejaam ! masak burung lawannya tank ! 🙂

  2. haritzJanuari 31, 2011 at 5:18 PMReply

    maenna dimana ni?

  3. tegarrputraApril 15, 2011 at 12:42 PMReply

    Sekarang MathTD bisa dimainkan di

    http://www.newgrounds.com/portal/view/567477

  4. hackazerSeptember 8, 2013 at 8:22 PMReply

    permisi pak, kalau seandainya saya minta sourcenya bisa tidak ?
    untuk mengerjakan TA nih

  5. masamalasFebruari 8, 2016 at 4:34 PMReply

    kreatif sih game nya hehe

  6. Pakar SeoFebruari 25, 2018 at 2:41 PMReply

    Permainan yang sangat menarik sekali dan bisa mendidik. Permainan ini ditujukan untuk anak-anak atau dewasa?

Tinggalkan Balasan