Surabaya Post:Erupsi Merapi Menjelma Jadi Game

 Berita Media

Erupsi Merapi Menjelma Jadi Game
Rabu, 1 Desember 2010 | 08:53 WIB

SURABAYA – Letusan Gunung Merapi rupanya menjadi inspirasi tersendiri bagi beberapa mahasiswa jurusan Teknik Informatika Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya. Mereka membuat game edukasi untuk mengajak masyarakat peduli kepada bencana letusan Merapi.

Ada dua game yang dikenalkan, yakni “Merapi Joe” dan “Merapi Boy”. Keduanya menggambarkan suasana letusan gunung merapi secara visual. Merapi Joe dibuat oleh Iq Pulshashi, Retno Mumpuni, dan Putri Nikensasi. Sedangkan untuk Merapi Boy dikembangkan oleh Intan Dzikria dan Sangkurnia Sekar Anom.

“Game Merapi Joe menceritakan menceritakan seorang anak kaya yang berasal dari Jakarta bernama Jonathan yang akrab disapa Joe yang menjadi relawan saat Merapi meletus,” kata Retno Mumpuni, sang pembuat game baru-baru ini.

Sedangkan Merapi Boy itu menceritakan warga Merapi yang menjadi korban kemudian menjadi relawan membantu menyelamatkan penduduk lainnya.

Dosen pembimbing sekaligus pengagas game merapi, Imam Kuswardayan menyatakan kedua game tersebut dibuat sebagai gambaran sekaligus mengajak kepedulian masyarakat terhadap letusan gunung merapi. Letusan Merapi sendiri telah menelan korban ratusan orang dan puluhan ribu orang mengungsi akibat erupsi besar.

“Dengan game ini diharapkan masyarakat melihat visualisasi bencana erupsi Merapi lewat berbagai foto kondisi Merapi yang diambil dari internet,” katanya.

Bentuk visual novel sendiri dipilih untuk memberikan gambaran serta pemahaman kepada masyarakat mengenai keputusan yang diambil ketika terjadi bencana gunung meletus. Hal lain, untuk mengetahui bagaimana akibat keputusan yang diambil ketika terjadi letusan gunung berapi.

“Diharapkan dapat mendorong masyarakat untuk lebih peduli terhadap musibah yang menimpa penduduk di sekitar Merapi,” katanya.

Karena berbentuk visual novel, game merapi ini memiliki cerita tersendiri. Pembuat game Merapi Boy, Intan, menyatakan ada beberapa alur cerita yang dimunculkan dalam game tersebut. Satu alur cerita yang dimunculkan berakhir bahagia, tetapi sisanya berakhir sedih. “Pemain akan menemui ending cerita yang berbeda karena ada beberapa pilihan alur, tetapi hanya satu alur yang berakhir bahagia,” katanya. m1

?

Author: 

No Responses

Tinggalkan Balasan