DNA The Double Helix EduGame Review

 Review Game Edukasi

Info Game

Nama Game : DNA – The Double Helix

Pengembang : nobelprize.org

Genre : Puzzle

Game Environment : Flash

Playable Link : http://nobelprize.org/educationa…ix/dnahelix.html

Penjelasan singkat

“DNA – the Double Helix” adalah salah satu permainan dari serangkaian permainan yang berhubungan dengan penghargaan nobel. Karena dibuat dengan menggunakan Flash, game ini dapat dimainkan langsung dari situsnya, yaitu nobelprize.org, tentu saja anda harus menginstall add-on flash player pada browser anda. Nobelprize.org adalah situs resmi dari Nobel Foundation yang memberikan penghargaan nobel kepada para ilmuwan yang berkontribusi penting dalam kehiduman umat manusia.

Permainan ini dibuat selain untuk mengajarkan kepada pemain tentang berbagai macam hal yang berhubungan dengan DNA, juga untuk mengenalkan bahwa penemu DNA adalah salah satu peraih hadiah Nobel.


Nilai edukasi yang ditanamkan dan rentang usia

  • Bagaimana molekul DNA dibangun?
  • Bagaimana salinan dari molekul DNA dibuat?
  • Apa yang dimaksud dengan “base-pairing”?
  • Bagaimana bahan genetik dalam selada (tanaman), tikus rumah, manusia, bakteri Escherichia coli, bakteri tuberkulosis, ragi roti , nyamuk malaria dan parasit malaria berbeda?

Beberapa pertanyaan itulah yang akan terjawab apabila anda memainkan game “DNA – the Double Helix”. Jawaban dari beberapa pertanyaan tersebut disatukan dengan serangkaian permainan interaktif yang menarik.

Dalam permainan ini pekerjaan Anda adalah pertama-tama membuat salinan tepat dari molekul DNA beruntai ganda dengan benar cocok pasangan basa untuk masing-masing untai, dan kemudian menentukan organisme yang memiliki DNA tersebut.

Didalam permainan ini juga terdapat beberapa trivia info seputar DNA yang terdapat pada intro permainan. Info tersebut dapat menambah khazanah siswa tentang ‘deoxyribonucleic acid’ alias DNA

Permainan ini cocok untuk dimainkan bagi para siswa smp, sma maupun bagi masyarakat umum, karena dapat memberikan pengetahuan yang cukup kompleks tentang DNA.

Penilaian

Dari segi grafis, penggunaan warna-warna pastel dalam game tidak membuat mata gampang lelah. Selain itu penggambaran obyek-obyek dalam game dilakukan dengan menggunakan bentuk yang sederhana namun menarik semakin membuat betah untuk memainkan game dalam waktu yang lama. Untuk sisi gameplay, memang terasa agak monoton, namun memang tidak mudah menggabungkan antara sisi edukasi dengan permainan yang “fun”, terutama dengan tema DNA yang notabene merupakan topik yang cukup “berat”.

Total Penilaian

Gameplay 5 / 10

Grafis 8 / 10

Keseluruhan 6.5 / 10

Reviewer

Afifudin Mahdan

my Facebook

Author: 

No Responses

Tinggalkan Balasan