SEBRAN ABC

Seorang anak masuk ke dalam sebuah arena bermain berwarna hitam seperti papan tulis kapur dengan berbagai macam tulisan lucu dan menggugahnya untuk menyentuh papan itu. Salah satu cara untuk menyentuhnya tentu saja dengan menggunakan mouse komputer. Warna yang ada di papan itu membuat sang anak tersenyum. Inilah duniaku. Dunia belajar yang asyik dan menyenangkan dengan permainan huruf dan angka.


Tidak ada kata terlalu cepat seorang anak mengenal huruf dan angka. Sebran ABC penuh dengan gambar, huruf, dan angka dengan perhitungan yang sangat mudah. Merupakan sebuah free game yang dapat di download dengan bebas dan merupakan salah satu game edukasi yang menggunakan berbagai macam bahasa dalam penggunaannya. Bahasa yang digunakan di papan itu beranekaragam tergantung dari bahasa yang dipilih pengguna ketika melakukan proses instalasi. Terdapat 28 jenis bahasa di dunia, salah satunya adalah bahasa Indonesia.
Terdapat beberapa kata di dalamnya yang menggugah si anak untuk menyentuhnya. Seperti Berapa Banyak?, Gambar Sama, Penambahan (+), Kata Sama, Pengurangan (-), Tiang Gantung, Perkalian (x), Huruf Jatuh, Cari Gambar, huruf Berjatuhan, huruf Pertama, dan Hitunglah. Apa saja sebenarnya maksud dari tulisan-tulisan itu? Rasa penasaran membuat anak itu mencobanya.
Berapa Banyak? dengan gambar jeruk di sebelahnya ternyata merupakan permainan tebak jumlah gambar. Di layar komputer yang berubah bentuk seperti papan tulis itu muncul gambar baju dengan jumlah yang telah ditentukan. Pemain diminta untuk memilih jumlah baju itu. Jika benar, maka akan muncul gambar wajah tersenyum. Jika salah akan muncul wajah orang bersedih. Ada banyak sekali soal yang muncul disini. Setiap kali memilih dengan benar, maka soal akan semakin rumit.
Gambar Sama merupakan bagian lain dari permainan itu. Anak itu diminta untuk mencocokkan gambar yang ditutup dan dibuka. Kesempatan untuk membuka kartu akan diberikan sebanyak dua kali karena gambar yang sama hanya ada dua. Jika sudah membuka kartu namun tidak sama, maka dua kartu tersebut akan menutup. Tantangannya adalah mengingat letak dan gambar kartu yang dibuka. Anak tersebut juga bisa memilih jumlah kartu yang diinginkan untuk ditebak. 16, 24, atau 36 kartu.
Banyak gambar muncul di papan. Anak itu mengerti gambar apa itu. Namun, bagaimana penulisannya? Dia harus berpikir apa gambar itu dan bagaimana penulisannya dengan cepat dan tanggap. Cari Gambar akan membuat secara tidak sadar anak tersebut mengerti tentang gambar.
Matematika dasar merupakan ilmu pengetahuan yang seharusnya dimiliki oleh setiap orang. SEBRAN ABC menyediakan pembelajaran matematika dasar yang ringan dan mudah dipahami oleh seorang anak. Terdapat beberapa pilihan pembelajaran matematika yang terdapat di dalamnya yaitu Penambahan, Pengurangan, Perkalian, dan Hitunglah. Bermain dengan gambar dan angka secara multimedia akan membuat mereka bertahan dan betah untuk memainkan permainan ini. Contohnya saja Hitunglah. Anak itu sangat senang karena dimanjakan dengan operasi matematika yang turun dari atas papan dan dia diminta untuk mengetikkan jawabannya di keyboard. Tidak hanya menggunakan otak saja tapi juga menggunakan angota tubuh yang lain dalam hal ini tangan akan membuat otak kanan dan otak kiri anak tersebut secara tidak sadar akan semakin seimbang.
Penggunaan bahasa yang baik merupakan salah satu syarat dalam pergaulan yang baik di masyarakat. Apalagi jika seseorang memiliki kemampuan di berbagai bahasa di dunia. Dalam permainan ini diberikan pembelajaran mengenai bahasa dan kata-kata. Anak dapat memainkan bagian Huruf ABC yang menunjukkan alphabet dari A sampai Z, Huruf Jatuh yang akan membuat anak tersebut berusaha mengetikkan kata yang turun dari atas papan dengan cepat di keyboard, dan First Letter dimana anak akan memilih dari sekian huruf yang mana yang merupakan huruf pertama dari sebuah kata. Jika seorang anak tidak memilih bahasa Indonesia, secara tidak langsung dia akan belajar bahasa lain sesuai yang dia pilih, misalnya bahasa inggris.
Banyak edukasi yang ditanamkan di SEBRAN ABC. Diantaranya adalah menanamkan memori atau daya ingat yang kuat di otak seorang anak, menyeimbangkan otak kanan dan otak kiri anak secara tidak sadar, belajar berhitung, belajar memahami huruf, dan belajar mengetik dengan cepat. Permainan ini sangat cocok dimainkan oleh seorang anak dengan usia antara 3-9 tahun atau Pra-Sekolah hingga Sekolah Dasar. Dikarenakan sistem pembelajaran yang sesuai dengan kurikulum pendidikan di sekolah dan sangat menyenangkan untuk dimainkan.
SEBRAN ABC merupakan permainan yang aplikatif dan menerapkan multimedia. Sehingga seorang anak yang menurut penelitian memang menyukai segala hal yang berbau multimedia, akan sangat menyukainya. Secara tidak sadar pula, beberapa metode pembelajaran yang ditanamkan di sini akan membuat perkembangan kecerdasan dan keseimbangan seorang anak semakin meningkat. Tak heran jika banyak website yang merigkas tentang game ini. Juga kesan pesan orang tua bahwa anak mereka semakin cerdas setelah menggunakan game edukasi SEBRAN ABC ini.
Kelebihan :
  • Memiliki gambar yang meyenangkan untuk dilihat
  • Nilai edukasi yang ditanamkan sangatlah banyak
  • Menggunakan interaksi user yang bagus
Kekurangan :
  • Background yang digunakan menggunakan warna hitam. Lebih baik jika background diganti dengan yang lebih cerah untuk dilihat.
  • Jika menggunakan bahasa selain bahasa inggris terkadang terdapat kesalahan pengartian kata-kata.
Link Video :
watch?v=U30lOfUvWuw
Link download game SEBRAN ABC :
http://download.cnet.com/Sebran-s-ABC/3000-2132_4-10314080.html
Developer : Arro & Wartoft AB
Category : Education
License : Freeware
Operating System : Win95, Win98, WinNT 4.x , WinXP, Windows2000, Win7, WinVista
Reviewer : Intan Dzikria (5108100077) – Informatics Department Sepuluh Nopember Institute of Technology (ITS Surabaya)

Leave a Comment