Mengenal Sejarah Dunia Melalui Total War

 Sejarah

Sejarah adalah topik ilmu pengetahuan yang sangat menarik. Tak hanya itu, sejarah juga mengajarkan hal-hal yang sangat penting, terutama mengenai: keberhasilan dan kegagalan dari para pemimpin terkenal, sistem perekonomian yang pernah ada, bentuk-bentuk pemerintahan, dan hal-hal penting lainnya dalam kehidupan manusia sepanjang sejarah. Dari sejarah, kita dapat mempelajari apa saja yang mempengaruhi kemajuan dan kejatuhan sebuah negara atau sebuah peradaban. Kita juga dapat mempelajari latar belakang alasan kegiatan politik, pengaruh dari filsafat sosial, serta sudut pandang budaya dan teknologi yang bermacam-macam, sepanjang zaman.

Topik sejarah sering dijadikan background dalam sebuahgame, terutama dalam hal story. Kadang ada yang berupa fiksi, turning point, atau sejarah asli. Mudahnya content sejarah ini masuk dalam game membuat game sebagai media yang sangat bisa menjadi media dalam pengajaran sejarah. Di sini, saya mencoba memaparkan salah satu game yang sarat dengan content sejarah, Total War.

Total War adalah seri game simulasi perang yang dikembangkan oleh Creative Assembly. Permainanya sendiri menggabungkan strategi turn-based pada manajemen kerajaan dan manajemen sumber daya, dan dengan kontrol real-time pertempuran antar pasukan. Serinya sendiri sudah ada 7 seri, yaitu : Shogun (1 dan 2, tentang sejarah jepang), Rome (sejarah romawi), medieval (1 dan 2,sejarah abad pertengahan), dan Empire (sejarah zaman turki ottoman), serta Napoleon (sejarah zaman napoleon).

Seperti saya katakan, game ini teramat sangat kental dengan konten sejarahnya. Tiap fraksi atau kerajaan disediakan semacam “daftar pustaka” yang bisa diakses pemain, dan itu tidak terbatas pada kerajan saja, daftar pustaka itu juga mencakup biografi tokoh (bisa jendral, raja, dan semacamnya), sejarah unit pasukan (seperti janissary, dll), pertempuran bersejarah, sejarah kota yang ada dalam game tersebut, bahkan sampai kebudayaan bangsa yang ada dalam game. Tidak hanya itu, pemain dibuat semakin merasakan keadaan pertempuran pada masa itu dengan quote kata – kata pelaku sejarah yang muncul tiap loading screen.

Gameplaynya sendiri ada dua jenis, seperti yang saya singgung di atas, satunya merupakan turn based untuk mengatur pemerintah, develop kota, buat pasukan, dan hal lain yang bersifat non – battle. Sedang pertempuran frontal antar pasukan diatur dalam real time dengan background field yang berbeda – beda. Juga sejak Total War Empire, pertempuran kapal juga realtime dengan efek sedetil mungkin, seperti angin, laut, dsb.

Game ini juga menyediakan mod untuk membuat custom campaign, sehingga memungkinkan untuk menyiapkan “materi” pelajaran sejarah untuk dimainkan bagi yang sudah bosan menghapal buku sejarah.

review total war empire dari IGN

more video :

Irsyad Arif .M

5107100065

Author: 

No Responses

Tinggalkan Balasan