Math Man, Belajar Berhitung di Labirin Hantu

 Matematika

Pendahuluan

Masih ingat dengan Pac Man? Permainan legendaris bergenre arcade yang diproduksi oleh Namco di tahun 1980. Dalam kurun waktu dua dekade lebih Pac Man banyak menginspirasi para game developer dengan genre arcade untuk menciptakan turunan darinya. Salah satunya adalah Math Man, permaianan hasil modifikasi Pac Man dengan tambahan sisi edukasi di bidang persamaan matematika. Game ini dimainkan secara online disini.

Elemen Edukasi

Sesuai dengan judul permainan ini, Math Man menawarkan sisi edukasi di bidang persamaan matematika dimana seorang player akan diberikan persoalan ketika memakan buah ajaib bertanda tanya. Kemudian pemain hanya dapat menyelesaikan persoalan tersebut dengan memakan hantu dengan angka sesuai solusi permainan. Setiap level memiliki tingkat kesulitan persoalan persamaan matematika. Semakin tinggi level maka persamaan semakin panjang dan pemain dituntut untuk berhitung cepat dengan memperhatikan urutan prioritas operator matematika.

Sasaran Pasar

Permainan ini dapat dimainkan oleh semua umur. Tentu saja pemain dituntut sudah memahami operasi persamaan matematika seperti operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, maupun pembagian.

Game Play

Pada permaianan Math Man ini pemain diinstruksikan untuk menyelesaikan setiap level dari permaianan dengan ketentuan sebagai berikut :

  1. Pemain dapat menggerakkan Math Man dengan menggunakan tombol arah pada keyboard.
  2. Setiap kali Math Man memakan poin-poin pada labirin, skor pemain akan ditambahkan skor 1.
  3. Setiap kali pemain memakan buah ajaib bertanda tanya, pemain akan diberikan persoalan persamaan matematika baru dan Math Man dapat memakan hantu dengan angka sesuai solusi persoalan tersebut.
  4. Dalam satu permaianan diberikan 3 nyawa. Setiap kali Math Man bertabrakan dengan hantu yang tidak sesuai dengan persoalan persamaan matematika yang diberikan atau Math Man dalam keadaan belum memakan satu buah ajaib pun.
  5. Setiap pergantian level, hantu akan bertambah satu dan persamaan akan bertambah panjang.
  6. Jika nyawa sudah habis, maka permainan berakhir dan dapat memulai kembali ke level pertama.

Dari segi tampilan, permaianan ini kurang lebih sama dengan permainan Pac Man tentunya dengan grafis standard game arcade flash.

start_screen_mathman

Screen Pertama Game Math Man

game_instruction_mathman

Instruksi Game Math Man

game_over_screen

Game Over Screen Game Math Man

Kelebihan

  1. Tingkat kesulitan persoalan persamaan matematika yang semakin panjang di setiap kenaikan tingkat level.
  2. Konsentrasi antara menyelamatkan Math Man dari hantu dengan menyelesaikan perhitungan persoalan matematika.
  3. Permainan yang bisa dimainkan untuk semua umur.
  4. Permainan dapat dimainkan hanya dengan menginstal web browser dan flash player.

Kekurangan

  1. Grafis dan animasi yang kurang sehingga pemain bisa terbawa ke dalam situasi tegang dan lebih menarik untuk dimainkan.
  2. Tidak ada daftar high score untuk total score dan level yang telah dicapai.

Reviewer : Lutfi Rizal Gozali – 5107.100.126

Author: 

No Responses

Tinggalkan Balasan