CRAYON PHYSICS

 Fisika, Review Game Edukasi


CRAYON PHYSICS, simulasi fisika real time yang dikemas dalam bentuk warna warna crayon yang memukau, adalah salah satu game yang mendapatkan tempat tersendiri di hati para pemainnya. Merupakan suatu game di mana player bertugas untuk mengantarkan bola menuju ke arah sebuah titik di layar permainan yang direpresentasikan dengan sebuah bintang, dengan menggunakan sebuah crayon untuk menggambar berbagai benda yang bisa membantu perjalanan bola. Diantara bola dan bintang, terdapat banyak maze dan teka teki yang menuntut pemain berpola pikir fisika untuk menyelesaikannya. Meskipun elemen yang ada di dalamnya adalah aplikasi hukum hukum fisika seperti energi potensial, momentum dan gerak lurus berubah beraturan, CRAYON PHYSICS lebih terlihat sebagai suatu kertas gambar menyenangkan dalam komputer, di mana player dapat menggambar bentuk bentuk yang dia inginkan. Apakah berbentuk segitiga, apakah berbentuk abstrak, huruf, tidak akan pernah ada solusi yang persis sama, dari percobaan pertama dan kedua dari seorang pemain, begitu juga antara satu pemain dengan lainnya, karena meski bisa ditemui kesamaan metode, hasil gambar kedua pemain besar kemungkinan akan berbeda.

Setiap coretan dalam CRAYON PHYSICS akan terealisasikan menjadi sebuah object di dalam dunia CRAYON PHYSICS. Sebuah garis yang tidak sengaja tercoret, akan terealisasi dan jatuh sesegera setelah ia terwujud dan terkena gravitasi. Semua coretan player akan terealisasikan menjadi sebuah benda dengan bentuk yang berkeseuaian dan akan berfungsi menjadi sebuah benda sebagaimana umumnya yang memiliki massa dan energi potensial. Namun selain dapat menggambar benda benda absurd hasil imajinasi masing masing pemain, terdapat juga mekanisme mekanisme tertentu yang dapat dibuat jika pemain menggambar suatu bentuk tertentu, misalnya dalam hal ini adalah katrol, titik tengah sebuah tuas, dan roket, ya, roket.

Terdapat lebih dari 70 level yang berbeda dalam game ini, yang mana terbagi menjadi pulau pulau yang mana setiap pulau menyimpan sejumlah level tertentu.

Pada level level tertentu akan ada semacam panduan yang berguna dalam memahami game ini. Akses ke pulau lain akan terbuka apabila telah menyelesaikan sejumlah level tertentu di pulau pulau yang merupakan prasyaratnya. Dalam berpindah dari satu pulau ke pulau lainnya, terdapat minimap yang tergambar seolah suatu peta harta karun yang dibuat dengan krayon, lengkap dengan monster lautnya, dan monster laut lain yang bisa anda gambar sendiri, ya, kita bisa menggambar di minimap. Terdapat banyak pilihan warna krayon untuk berkarya, yang dapat diganti dengan men-scroll mouse. Selain itu juga terdapat fitur map editor, untuk membuat maze sesuai dengan keinginan pemain yang dapat di upload untuk tantangan ke pemain lain. Hal menyenangkan lain tentang game ini adalah, kita hanya memerlukan mouse, atau sebuah pen tablet untuk memainkannya, selain itu juga terdapat versi iPhone dengan gameplay yang sama namun dengan lebih sedikit level (sekitar 50).

Rentang Usia : Semua Umur

Tidak ada usia yang terlalu muda untuk belajar menggambar dan fisika dengan komputer, dan tidak ada usia yang terlalu tua untuk menikmati krayon

Nilai Edukasi

Suatu pembelajaran pola pikir fisika melalui pembiasaan penyelesaian masalah masalah fisika terkait hukum potensial, momentum, dan gerak lurus berubah beraturan (GLBB)

Selain itu juga berguna dalam melatih otak kanan untuk berimajinasi dan berpikir kreatif, dengan menggunakan krayon dan menggambar berbagai bentuk yang dapat diaplikasikan untuk menyelesaikan masalah.

Kelebihan dan Kekurangan

Kelebihan :

Game ini mensimulasikan fisika secara nyata, sehingga segala hal yang terjadi di dalamnya adalah suatu perilaku fisika yang autentik, sehingga memberikan pembelajaran fisika yang akurat

Kebebasan dalam menggambar penyelesaian untuk tiap level, sehingga terdapat kemungkinan metode penyelesaian yang tidak terbatas

Seluruh permainan disajikan dalam gaya grafis krayon yang manis dan sederhana, namun dapat mengena dalam hati pemainnya, juga didukung dengan background music dan sound effect yang lembut dan menenangkan, sehingga dapat membuat suatu kondisi yang cocok untuk menggambar dan berpikir fisika

Kekurangan :

Masih terdapat beberapa bug yang bisa menyebabkan game crash di tengah permainan

Terdapat beberapa bug visual

Saran

Akan lebih menyenangkan jika permainan ini dapat dimainkan lebih dari satu orang, yang mana dapat bermain bekerja sama ataupun saling mengganggu, sehingga permainan ini dapat dimainkan bersama antara Ibu dan anaknya, atau antara adik kakak atau seorang anak dengan sahabatnya, sehingga dapat membangun hubungan positif antara para pemain dan mengajarkan pentingnya kerja sama, saling berbagi, serta berkompetisi sehat.

Overview

Secara pribadi reviewer sangat menyukai game ini, karena interface krayon yang manis yang bisa mengobati kerinduan pemain akan masa kanak kanak yang menyenangkan, bebas dan penuh imajinasi dalam menyelesaikan suatu masalah atau menghadapi suatu kondisi tertentu, hal ini juga didukung dengan background music yang begitu lembut sehingga mendukung atmosfer nostalgianya.

Tidak ada yang lebih menyenangkan dalam menggambar selain saat coretan kita dapat menjadi nyata.

Developer

Petri Purho

Publisher

Kloonigames

Platform

PC (windows) dan iPhone

Price

US$19.95 (windows) dan US$4.99 (iPhone)

Site

http://www.crayonphysics.com/

REVIEWER : 5108100137 Khalifa Filardha

Author: 

No Responses

Tinggalkan Balasan