Cooking Mama 3: Shop & Chop Reviews

 Umum

Pendahuluan

Siapa yang tidak kenal dengan mama dalam Cooking Mama? Salah satu koki virtual terhebat yang pernah dimunculkan dalam dunia game ini, telah memulai debutnya semenjak Cooking Mama pertama dan telah menghasilkan 3 game lain dengan karakter utama yang sama yaitu si mama itu sendiri. Sudah ada Cooking Mama, Cooking Mama 2 dan Gardening Mama. Sekarang, mama kembali hadir lagi dalam Cooking Mama 3: Shop & Chop, sekuel terbaru yang menurut kami telah berhasil membangkitkan kembali franchise Cooking Mama ke kejayaannya.

Elemen Edukasi

Sesuai dengan judul gamenya, eduikasi dalam game ini adalah how to cook atau bagaimana cara memasak. Dengan memainkan game ini kita mengetahui apa saja bahan apa saja yang dibutuhkan, proses memasaknya secara lengkap, sampai penyajianya. Terdapat 80 resep yang desediakan, sehingga edukasi dalam dunia memasak sangat kuat. Elemen edukasi dalam game ini dikemas dengan ciamik. Sehingga walau game ini bermuatan edukasi player tetap fun dan ketagihan dalam memainkanya.

Sasaran pasar

Pangsa utama game ini adalah perempuan. Tapi tidak tertutup kemungkinan gamer pria juga memainkanya, karena memang gameplay yang ditawarkan sangat adiktif.

Gameplay

Dalam Cooking Mama 3 ini, player akan kembali belajar masak memasak dengan mama, dimana mama akan bertindak sebagai pengawas dan akan membantu player dalam proses memasak player. Seperti biasa, player akan disuguhi dengan berbagai macam jenis masakan yang pastinya akan menggoda selera. Tentu saja inti utama dalam permainan Cooking Mama 3 ini adalah memasak. Tapi, saat player bermain nanti, player akan menemukan adanya mode lain yang akan membuat permainan Cooking Mama ini semakin bervariasi. Mode tersebut akan kami jelaskan di bawah.

Pada saat permainan, player akan kembali menggunakan seluruh peralatan dapur untuk memasak. Tentu saja semua kegiatan memasak akan bisa player temui dalam game ini. Mulai dari memotong (daging, sayur), memarut, mencuci, menyate dan masih banyak lagi. Player juga bisa membantu proses memasak player dengan menggunakan bantuan tiupan secara langsung pada bagian microphone DS player untuk menurunkan suhu masakan yang ada.

Cooking Mama 3 kali ini memiliki 5 mode permainan dan 2 mode untuk mengkustomisasi dan merubah pakaian sang mama serta merubah dekorasi dari dapur kesayangan player itu. Mode pertama yang pastinya akan menjadi tempat player bermain adalah mode Cook With Mama. Seperti halnya pada Cooking Mama sebelumnya, player akan memasak semua resep yang telah diberikan oleh mama dan berusaha untuk meraih nilai terbaik yang ada serta mendapatkan resep baru.

Mode kedua adalah mode Let’s Cook, dimana player akan diminta untuk memasak makanan untuk orang-orang tertentu dan di sini, mama akan berperan sebagai seorang cheerleader daripada seorang pengawas saat player memasak. Itu bisa player lihat dari pakaian mama yang menggunakan pakaian ala cheerleader, lengkap dengan 2 pompom di kedua tangannya. Pertama-tama, player hanya bisa memasak untuk dua orang saja, tapi seiring permainan, akan muncul semakin banyak orang lagi yang bisa player layani dengan masakan player yang lezat (kalau berhasil).

Mode ketiga adalah Let’s Match, sebuah mode dimana player akan memasak masakan tertentu, tapi tidak dengan menggunakan resep yang sudah ada, tapi menggunakan insting player sendiri. Saat permainan, player akan diminta untuk memilih dua bahan yang mau player gunakan dari enam pilihan yang diberikan. Setelah player memilih dua bahan tersebut, maka di bagian tengah akan muncul masakan yang mungkin bisa player ciptakan dari kedua bahan tersebut. Sebuah mode yang cukup kreatif, terutama bagi Player yang suka bereksperimen dengan masakan.

Mode keempat adalah Let’s Shop. Mode ini adalah mode baru yang telah kami sebutkan di atas dan memang mode ini memberikan sebuah keunikan tersendiri dalam game Cooking Mama 3 ini. Dalam mode tersebut, player akan diminta untuk berbelanja di toko dan mencari bahan-bahan yang diminta oleh mama. Saat berbelanja, player akan menghadapi banyak sekali rintangan, yang mana harus coba player hindari. Tapi kalau seandainya player gagal menghindari sekalipun, itu bukan masalah. Alasannya, setiap kali player gagal menghindar atau “tabrakan” dengan pengunjung lain, player akan mendapatkan beberapa minigame unik yang bisa player coba. Tapi bukan berarti player tidak akan bertemu dengan orang yang apabila menabrak player, akan menyebabkan nyawa player disini berkurang. Jadi player wajib berhati-hati saat belanja.

Ada minigame dimana player harus mencoba membantu seorang pegawai yang terjatuh dengan bahan-bahan makanan yang telah terlontar tidak jelas. Tugas player adalah berusaha untuk menangkap seluruh bahan tersebut sebelum jatuh dan menggelinding jauh. Ada juga minigame dimana player harus membantu seorang nenek untuk mengambilkan bahan belanjaan. Tentu saja masih banyak lagi minigame yang bisa player coba disini dan dijamin minigame tersebut tidak akan membuat player bosan.

Mode terakhir yang berurusan dengan memasak adalah mode Cooking Contest. Dalam mode ini, player bisa menjalankan tantangan yang diberikan dalam ketrampilan saat memasak. Biasanya tantangan tersebut lebih kepada siapa yang paling cepat dalam mengerjakan sesuatu atau hasil paling banyak yang bisa dihasilkan dari kerjanya itu. Apabila player sudah bosan menantang rekor diri sendiri, player juga bisa menantang teman player yang lainnya dengan menggunakan fitur ad-hoc yang diberikan dalam mesin DS player dan berlomba untuk menentukan siapakah yang memiliki kemampuan yang paling mantap dalam hal masak-memasak.

Selain mode memasak, player juga bisa melakukan dekorasi ulang pada dapur player serta mendandani mama dengan pakaian-pakaian lain yang bisa player dapatkan setelah berhasil mendapatkan 5 bonus dari setiap kegiatan yang player lakukan (masing-masing pekerjaan yang player lakukan akan menghasilkan 1 bonus apabila player bisa menyelesaikan pekerjaan tersebut dalam kurun waktu yang sangat pendek). Setelah berhasil mendapatkan 5 bonus itu, maka player akan mendapatkan kesempatan untuk meraih hadiah dengan memilih salah satu dari 3 pilihan yang diberikan kepada player, yang mana masing-masingnya pasti terdapat hadiah yang menunggu player.

Kelebihan

  • Grafis menarik
  • Tersedia 80 resep
  • Konsep gameplay yang menarik
  • Pemaksimalan penggunaan touch screen dalam permainan
  • Terdapat berbagai macam mini games selain gameplay utama
  • Membuat kecanduan terutama bagi player cewek

Kekurangan

  • Kalau ada resep khas indonesia pasti lebih seru, seperti nasi pecel, rawon, soto pisang goreng ataupun tahu isi 😀

Trailer

Cooking Mama

Mahdi Bashroni Rizal (5107100097)

Tambahan editor:

Game bisa didownload GRATIS di:
http://www.brothersoft.com/games/cooking-mama-3-shop-chop.html

Author: 

14 Responses

  1. azzahraJanuari 14, 2011 at 4:18 PMReply

    permainan ini sangat bagus bolehkah saya memainkannya

    • GameEdukasiJanuari 14, 2011 at 4:55 PMReply

      Wah penulis artikel lupa ngasih link kayaknya 🙂
      Artikel sudah diedit dengan memberikan link download. Enjoy 😉

    • velly rahayuJuni 19, 2011 at 11:21 AMReply

      aku suka banget permainan cooking mama

    • velly rahayuJuni 19, 2011 at 11:22 AMReply

      aku suka banget permainan cooking mama ^_^

  2. irpunJanuari 26, 2011 at 11:35 AMReply

    buat pc gak ada ya?!
    padahal cocok nih buat adik” sy…

  3. ledysApril 28, 2011 at 4:38 PMReply

    aku suka cooking mama dan gardening mama

  4. Dina saysJuli 22, 2011 at 6:52 PMReply

    wah cooking mama asyik ada yg 1,2,dan 3 wah pokoknya asyik banget pokoknya i love cooking mama!!!!!!!

  5. azahraAgustus 27, 2011 at 11:06 AMReply

    boleh main cooking mama dengan gratis nggak?
    kalau nggak boleh sayang……………

  6. melaSeptember 27, 2011 at 8:50 PMReply

    aku suka ,aku pingin main

  7. ratnaOktober 14, 2011 at 1:46 PMReply

    Hai, bisa minta link utk download cooking mama 1 dan 2?
    Thanks

  8. ara andraJanuari 19, 2012 at 7:40 PMReply

    hmmm asyk yah mainannya mau mainnan lg ahhhh

  9. kavania renaJuni 2, 2012 at 12:39 PMReply

    aku ingin main games cookink mama

  10. mama loverNovember 28, 2012 at 2:14 PMReply

    gan ini versi NDS ya……….

    klw bisa versi pc donk…

Tinggalkan Balasan