World of Goo, Simulasi fisika

 Fisika, Review Game Edukasi

WORLD OF GOO

Permainan ini dibangun di sekitar gagasan untuk menciptakan struktur besar yang menggunakan bola dari goo. Permainan ini dibagi menjadi lima bab, masing-masing mengandung beberapa tingkatan. Setiap tingkat memiliki tema sendiri grafis dan musik, memberikan suasana yang unik. Ada juga bonus-permainan yang disebut World of Goo Corporation, di mana tujuannya adalah untuk membangun menara tertinggi menggunakan bola goo. Pemain dari seluruh dunia dapat bersaing, sesuai dengan ketinggian menara dan jumlah bola goo digunakan kemudian diupload ke server Boy 2D.

Tujuan utama permainan ini adalah untuk mendapatkan jumlah goo sesuai design level yang memasuki gate keluar. Untuk melakukannya, pemain harus menggunakan bola goo untuk membangun jembatan, menara, dan struktur lain untuk mengatasi gravitasi dan kesulitan berbagai daerah seperti jurang, bukit, paku, atau tebing. Ada beberapa jenis bola goo dalam permainan, yang masing-masing memiliki sifat unik. Pemain harus memanfaatkan kombinasi dari goo bola untuk menyelesaikan setiap tingkat.

World of Goo dibagi menjadi lima bab, masing-masing berisi sejumlah tingkatan. Bab-bab yang ditetapkan selama satu tahun di Dunia Goo. Setiap bab berlangsung selama satu musim, dimulai pada awal musim panas, dan berakhir pada akhir musim semi tahun berikutnya.

Dalam Dunia Goo Corporation, menara dibangun oleh pemain lain dari permainan yang diwakili oleh awan membawa nama pemain, kebangsaan dan tinggi menara, termasuk rincian tentang jumlah bola yang dikumpulkan oleh pemain dan berapa banyak digunakan dalam membangun mereka menara. Ketinggian awan masing-masing mewakili ketinggian menara itu pemain. Sebuah grafik leaderboard online ketinggian dari 50 menara atas, serta 10 pemain top untuk setiap tingkat permainan.

Jumlah total level dalam permainan adalah 48 stage, termasuk World of Goo Corporation.


Nilai edukasi yang didapatkan dalam memainkan game ini adalah membiasakan diri kita dengan simulasi fisika dengan berbagai kondisi dan benda materi yang ada pada game seperti pada dunia nyata. Jadi game
ini mengajarkan melalui pembiasaan fisika. Karena game yang menggunakan engine fisika sering kali sangat menyenangkan untuk dimainkan dan membuat ketagihan untuk memainkan.

Rentan usia untuk memainkan game ini adalah 9+, karena menurut saya jika pemain berumur dibawah 9 tahun, pesan atau maksud dari game tidak akan tersampaikan secara maksimal / pemain akan berhenti
karena tidak menemukan cara untuk menyelesaikan game ini.

Saran:

Akan menarik jika game ini dapat dimainkan dengan beberapa pemain secara bersamaan, baik bekerja sama ataupun berkompetisi untuk menyelesaikan misi ataupun stage. Dengan demikian jika pemain tidak dapat menyelesaikan stage permainan maka diharapkan ada tutor pemain partner yang dapat bekerjasama.

Keterangan Game :

Developer(s)
2D Boy

Publisher(s)
2D Boy Nintendo (WiiWare)

Designer(s)
Kyle Gabler, Ron Carmel Version 1.41

Platform(s)
Windows, Mac OS X, Linux, WiiWare

Genre(s)
Puzzle

Mode(s) Single player,
Co-operative (Wii and Linux)

Rating(s)

ESRB: E

PEGI: 3+

Media Download, CD-ROM

Pereview
: Sandi Rizky Kharisma [5108100050]

Author: 

No Responses

Tinggalkan Balasan